follow us

Komunitas Man Jadda wa Jadaa: Sinergi dalam Dakwah dan Ukhuwah (Sosial)





Di era serba digital saat ini, di mana sekarang sudah memasuki generasi Millenial, hampir semua keperluan bisa dilakukan melalui teknologi. Perkembagan ini ini tak luput juga dari dunia dakwah.
Komunitas Man Jadda Wa Jadaa, memulai kiprahnya melalui social media twitter pada 30 Juni 2011. Mungkin Anda menjadi salah satu followersnya hingga kini? Pada saat itu, MJWJ hadir sebagai salah satu akun dakwah – sosial yang fokus pada generasi muda Islam.

Akun ini lahir di tangan @Akhir_Rahman yang sadar bahwa genarasi muda harus mempunyai andil terhadap peranan dakwah Islam. Rahman ingin, anak-anak remaja masa kini tidak terlena pada kemewahan dunia, serta sibuk berpacaran yang jelas-jelas hanya membawa kesesatan semata.




Melihat fenomena inilah, Rahman memulai dakwahnya di social media twitter seputar sisi negatif kehidupan remaja masa kini. Alhamdulilah, materi dakwah yang disampaikan disambut baik oleh netizen, hingga akun MJWJ besar dan tembus menjadi ratusan ribu followers.

Melihat semakin besarnya akun MJWJ, mulailah terpikirkan untuk melebarkan kiprah dalam berdakwah. Berkembang melalui program SMS atau #SMSDakwahMJWJ sampai dengan gebrakan Jomblo Sampai Sah atau #JOSS.

Di tahun 2013, akun MJWJ menjalin relasi dengan akun-akun Islam lainnya, seperti @TeladanRasul, @Tahajud, @DhuhaLovers, @SedekahHarian, @Tausiyahku, @Sobat_Loversh dan banyak lagi. Jalinan silaturahim ini membentuk  suatu manajeman yang dinamai #AkuCintaISlam yang diinisiasi oleh Nunung Fathur menjadi admin akun @tausiyahku.

Setlah melihat progress yang terus berkembang, tercetuslah sebuah untuk merealisasikan Man Jadda wa Jadaa hadir dalam kehidupan sehari-hari sebagai sebuah komunitas yang mampu memberikan manfaat nyata di masyarakat. Pada 18 Mei 2013, komunitas MJWJ resmi dibentuk.

MJWJ memiliki visi menghimpun seluruh pemuda muslim yang ingin berperan serta dalam dakwah dan kegiatan peduli umat, membentuk pemuda yang cerdas, inovatif, kreatif, dan istiqomah, mebuat kegiatan sosial yang dapat meningkatkan ukhuwah dan solidaritas, syiar melalui media online dan offline.



Komunitas MJWJ hadir tentu memiliki program. MJWJ memiliki program kegiatan bulanan, 3 bulanan, 6 bulan atau satu tahun sekali. Beberapa kegiatan yang sudah pernah dilaksanakan seperti, kegiatan sosial, penggalangan dana, kegiatan kelas singgah/rumah belajar, seminar Islam, pesantren kilat, kelas inspirasi minat bakat, mabit, berbagi tajil, berbagi nasi, rihlah, bedah buku, gerakan menutup dan banyak lagi.

Pelaksanaan kegiatan komunitas MJWJ biasanya dilakukan pada akhir pekan, yang akan melibatkan internal komunitas maupun  masyarakat umum. Setiap anggota yang masuk dalam komunitas MJWJ tentu mendapatkan banyak manfaat dalam mengembangkan diri. Selain itu, anggota juga mendapatkan ukhuwah, wawasan serta melatih kerjasama dalam tim sejak muda.

Kehadiran MJWJ mendapatkan respon positif dari masyarakat. Hal ini terbukti dari banyaknya masyarakat yang ignin terlibat dalam setiap kegiatan MJWJ. Bagi yang ingin bergabung ke komunitas Man Jadda wa Jadaa, bisa melihat di social media manjaddawajadaa atau akun-akun MJWJ chapter terkait, melalui isi formulir dan open recruitment.



“Ga ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik, ga ada kata terlambat untuk bisa bermanfaat untuk orang banyak, banyak hal yg bisa kita berikan kepada orang banyak dengan segala karunia dan segala kelebihan yg Allah kasih kepada kita.”

“Hai orang-orang mukmin, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu.” (QS. Muhammad : 7).   *(NSR).

Tulisan ini dibuat dan telah masuk dalam Majalah Sahabat edisi Oktober 2017.
Jangan lupa follow instagram dan twitter @nursaidr_

0 Response to "Komunitas Man Jadda wa Jadaa: Sinergi dalam Dakwah dan Ukhuwah (Sosial)"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel