follow us

Dirjen Cipta Karya Upaya Nyata dalam Merealisasikan Program Jokowi JK Nawa Cita Poin Ketiga

Sumber: indonesiacayo.com

Halo Indonesia, selamat hari kemerdekaan untuk negara Republik Indonesia yang ke-72. Semoga jaya selalu Indonesiaku. Harapan bagi saya untuk Indonesia adalah meratanya kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia, baik yang di kota, desa, bahkan masyarakat dengan pemukiman terdalam.

Ya, mensejahterakan program masyarakat terdalam Indonesia masuk dalam salah satu program Nawa Cita Presiden Jokowi-JK pada poin ketiga disebutkan,

Membangun Indonesia dari program pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Lantas bagaimana mewujudkan kesejahteraan di wilayah pemukiman daerah terdalam? Tentu diperlukan adanya sistem yang terencana, menyeluruh dan berkelanjutan baik pembangunan infrastuktur, air bersih, listrik, ekonomi kreatif, pendidikan dan banyak hal lainnya yang mampu menyentuh dan mengihidupi masyarakat di wilayah terdalam ataupun terpencil.



Mewujudkan program ini, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jendral Cipta Karya ikut serta mengambil peran dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah terdalam. Pada teknisnya, pemerintah mencanangkan gerakan 100-0-100, yakni 100 persen air minum aman, 0 persen pemukiman kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak.
Saat ini, Ditjen Cipta Karya sedang melakukan pengembangan infrastruktur pemukiman di dua lokasi: Pulau Lingayan Kabupaten Kepulauan Toli-Toli, Sulawesi Tengah, dan Marampit kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Di wilayah perbatasan, poengembangan infrastuktur juga dilakukan di wilayah Sebatik Tengah, Long Apari.

Tentu, dalam membangun kesejahteraan masyarakat untuk wilayah terdalam ini diperlukan kerjasama dari berbagai pihak secara aktif. Baik Pemkot, Pemda, Swasta, komunitas ekonomi kreatif, serta masyarakat luas yang mampu membangun taraf hidup wilayah terdalam ini.

Semoga program Nawa Cita mampu terealisasikan ya. Aamin.

jangan lupa follow:
twitter/IG: @nursaidr_

Sumber: www.republika.co.id



0 Response to "Dirjen Cipta Karya Upaya Nyata dalam Merealisasikan Program Jokowi JK Nawa Cita Poin Ketiga"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel