follow us

Pertamina Peduli Baduy: Bantu Sektor Kerajinan Tenun dan Pertanian



Siapa yang pernah ke Baduy? Pasti banyak nih yang udah pernah main ke sini. Jadi, Ini menjadi pengalaman pertama saya pergi ke kampung Baduy dari banyaknya temen-temen yang sudah berkunjung ke sana. Ya, saya cuma bisa mendengarkan cerita saja tentang kampung Baduy. Alhamdulillah, bersama Tim CSR Pertamina, saya berkesempatan berkunjung ke kampung Baduy.



Pada 18-19 Juli 2017 kemaren saya mengikuti program CSR Pertamina, tujuan dari kunjungan ini adalah Pertamina mengadakan pengobatan gratis bagi masyarakat Baduy (setahu saya yang dijamah pengobatan gratis baru Baduy luar saja). Selain ada pengobatan gratis, Pertamina juga memberikan paket sembako. Kegiatan Pertamina Peduli Baduy ini dihadiri oleh VP CSR dan SMEPP Pertamina, Agus Mashud dan Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya.



Sebelum diberlangsungkannya kegiatan pengobatan gratis, VP CSR, Agus Mashud mengajak diskusi kepada masyarakat Baduy untuk mendengarkan harapan apa saja yang ada dari masyarakat Baduy terhadap masyarakat luar.


Pada sesi pun turut disampaikan, oleh Bpk. Agus Mashud keinginan Pertamina memberikan sumbangsih apa saja yang bisa diberikan dari Pertamina kepada Suku Baduy untuk meningkatkan kesejahteraan hidup.

Perbincangan suasana pagi yang hangat dan sejuk ini mengalir begitu saja, dengan sesekali gelak tawa. Tak luput, ketika suku Baduy dalam maju ke depan, untuk ikut berdiskusi, dengan sedikit malu-malu mereka berbicara sampai harus memanggil ayahnya saja yang menyampaikan. hehe

Diskusi yang mengalir ini menunjukan jalan benang merahnya mengenai kontribusi apa yang bisa diberikan Pertamina terhadap suku Baduy. Berdasarkan hasil mata pencaharian mereka, Tenun Baduy dan pertanian inilah, yang bisa dimasuki oleh tim CSR Pertamina untuk selanjutnya membantu kemajuan produksi kain tenun dan hasil pertanian yang bagus dan melimpah. Walau, dari sisi pertanian Pertamina tidak bisa begitu banyak mengubah tradisi apa saja yang sudah ada. tutur Bapak. Saija selaku Kades Kanedes, yang mengepalai Desa Baduy, Kab. Lebak, Banten.



Oh ya, beberapa hal yang saya dapat dari perbincangan dengan suku Baduy luar bahwa saat ini mereka sjuga sudah semakin maju dengan perkembangan teknologi. Mulai dari mengenal jasa pengiriman barang, pelatihan penjualan online sampai punya kaunh social media seperti FB dan instagram.

"Aa, fotony nanti diupload di instagram Pertamina ya, mau teteh follow." ucap Teteh warga Baduy yang masih muda tapi udah nikah, bening cakep lagi kepada teman saya Tyo.

dan gak kalah juga ibu-ibu warga Baduy luar yang sedang berbincang dengan saya. "Aa, follow fb saya dong aa. Saya punya facebook."

"Bu, kalo mau beli ini bisa dikirim bu ke Jakarta. Nanti tinggal kena tambahan uang pengiriman saja (alias pengiriman jasa)." ucap Mas-mas yang sedang melayani tim Pertamina.

Yah, bagaimana pun, bagi saya ini menjadi kemajuan suku Baduy dalam meningkatkan penjualan dan pemasaran yang lebih luas. Nah, bagi kamu yang ke suku Baduy, ada baiknya bawa uang yang khusus disediakan untuk membeli dagangan mereka. Ada madu, kain tenun, gantungan, dan souvenir lainnya.

  



Absen dong, siapa di sini yang udah pernah ke Baduy? Selanjutnya sih, semoga saya diajak ke Baduy dalam oleh Tim Pertamina lagi. hehe aamin.

Follow:
twitter/ig: @nursaidr_
twitter/ig/fb: @pertamina


2 Responses to "Pertamina Peduli Baduy: Bantu Sektor Kerajinan Tenun dan Pertanian"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel