follow us

Perhatikan Sabda Rasulullah Ini, Insya Allah Kamu Menjadi Pemuda Muslim yang Beruntung Dunia Akhirat


Mengisi kegiatan sehari-hari memang menjadi hak bagi setiap individu. Sehingga, setiap orang bebas melakukan apa saja, dengan cara apa dia menghabiskan waktu sehari-hari dan bagaimana dia menjalaninya. Semua memang kembali pada jalannya masing-masing. Sehingg ada yang menjalaninya penuh dengan kegiatan, ada yang biasa saja, dan ada yang bersantai-santai.

Perlu diketahui, menjadi manusia khususnya generasi muda yang produktif bukan hanya sekedar membawa kemanfaatan pada masa depan duniawi saja. Tapi, di akhirat kelak, pada hari kiamat, segala macam aktivitas yang telah kita lakukan akan menjadikan kita sebagai orang yang beruntung atau tidak.

Rasulullah Saw bersabda: “Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi RabbNya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” (HR. at-Tirmidzi, ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir, dan Hadits ini telah dihasankan oleh Syaikh Albani dalam Silsilah al-Ahadits ash-Shahihah).

Berdasarkan hadits di atas secara jelas dijabarkan akan ditanya setiap orang pada hari kiamat mengenai 5 perkara. (1) Bagaimana kita menjalani aktivitas sehari-hari. Banyak baiknya atau buruknya. (2) Masa muda kita digunakan dengan hal-hal positif atau tidak. Karena itulah, selagi muda, perbanyaklah mengisi kegiatan yang bermanfaat. (3) dan (4) Bagaimana kita mencari rezeki dengan cara yang halal atau tidak, dan untuk apa kita perbelanjakan. (5) Apakah kita termasuk orang yang mengamalkan ilmu kita di dunia ini. Sungguh beruntung orang yang dapat mengamalkan ilmunya, apalagi sampai menurunkan ilmunya kepada orang banyak.

Demikian adanya Islam sudah jauh kebelakang lebih dahulu menganjurkan umatnya untuk berlaku produktif dalam mengisi waktu sehari-harinya. Sehingga, Islam ingin semua pemeluknya menjadi manusia yang beruntung di hari kiamat kelak. Semoga kita semua menjadi generasi muda yang produktif, dan menjadi manusia yang beruntung di hari kiamat kelak. Aamin ya Rabbal alamin.   



0 Response to "Perhatikan Sabda Rasulullah Ini, Insya Allah Kamu Menjadi Pemuda Muslim yang Beruntung Dunia Akhirat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel