follow us

Sehat Ala Rasulullah Saw dengan Semangka


Perkembangan obat-obatan dalam Islam terus berkembang, sejak masa kenabian hingga para sahabat dan ulama. Hingga kini, ilmu-ilmu pengobatan herbal masih menjadi pilihan bijak. Allah SWT dan Rasulullah Saw telah memberikan kepada kita berbagai petunjuk penggunaan bahan-bahan alam yang dapat mengobati berbagai penyakit.
Pengobatan herbal memang sering dikatakan sebagai pengobatan yang sesuai dengan fitrah manusia. pasalnya, unsur-unsur herbal yang ada berasal dari tanah, dan unsur jasmani yang ada pada manusia berasal dari tanah sehingga menjadikan keserasian unsur yang terkandung di dalamnya.
Ada banyak firman Allah SWT yang menyebutkan mengenai kegunaan tumbuh-tumbuhan herbal yang bisa menyebutkan penyakit. Adapun beberapa ayat tersebut sebagai berikut, “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.” (QS. An-Nahl 16: 11).

Dalam pengobatan herbal ala Rasulullah Saw ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama menjaga kesehatan atau disebut hidzhu ash-ashihhah. Kedua pengeluaran zat-zat yang merusak. Kita mengenal yang namanya bekam, di mana pengobatan yang bertujuan mengeluarkan darah kotor. Ya, bekam menjadi salah satu cara yang diperbolehkan oleh Rasulullah Saw untuk mengeluarkan zat-zat yang merusak dalam tubuh.
Lantas bagaimana dengan buah-buahan yang konon, banyak sekali manfaat dan ternyata menjadi rahasia Rasulullah Saw sejak dahulu dalam menjaga kesehatan. Benarkan semangka sudah menjadi buah andalan Rasulullah Saw guna menjaga kesehatan beliau. Kalau begitu, ada rahasia apa di balik manfaat buah semangka sehingga menjadi anjuran Rasulullah Saw dalam rahasia sehat ala Rasulullah Saw.
Rahasia Herbal Buah Semangka
Khasiat buah semangka sudah disebutkan sejak masa kenabian Rasulullah Saw, bahkan beliau sendiri pun sering mengkonsumsi buah semangka secara teratur. Menurut riwayat yang disampaikan oleh ‘Aisyah ra, “Rasulullah Saw biasa menyantap semangka bersama kurma masak.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).  
Semangka dipercaya berasal dari Gurun Kalahari, Afrika. Menurut penelitian, buah ini pertama kali dipanen 5000 tahun yang lalu di Mesir. Berdasarkan beberapa kepercayaan, buah ini dipakai untuk penguburan raja-raja agar roh mereka mendapatkan nutri di alam baka. Dari Mesir, semangka kemudia dibawa keliling ke negara-negara di dunia.
Buah semangka memiliki manfaat yang luar biasa. Seperti buah semangka bagi orang yang sedang diet. Hal ini dikarenakan semangka menjadi buah yang bebas lemak dan memiliki kombinasi kadar gula terbatas dengan kadar air yang berlimpah. Dan buah semangka pun mempunyai sifat yang cepat mengenyangkan ketika berada di lambung. Oleh karena itu semangka menjadi buah yang cocok untuk teman diet.
Buah semangka juga sangat baik bagi pengidap hipertensi dikarenakan kandungan air dan kaliumnya yang tinggi dapat menetralisir tekanan darah. Selain itu, antioksidan yang terdapat di dalamnya, termasuk betakaroten dan vitamin C mampu membantu sel-sel tubuh agar tetap sehat. Antioksidan di dalam semangka juga sangat baik sebagai antikanker.
Semangka juga menjadi buah yang berfungsi dalam merangsang air seni agar dapat keluar dengan lancar. Sehingga, buah ini sangat cocok bagi orang yang mengalami gangguan buar air seni. Semangka juga dapat mencegah timbulnya sariawan, dan semangka juga dapat menurunkan panas akibat demam.
Semua manfaat di atas yang ada pada semangka berasal dari likopen, yakni komponen karotenoid seperti halnya betakaroten. Tapi, bila dibandingkan dengan antioksidan lainnya seperti vitamin C dan E, kekuatan likopen dalam memerangi radikal bebas jauh lebih ampuh. Dengan likopen yang terdapat dalam semangka, radikal bebas dapat langsung dilumpuhkan. Sehingga, likopen diyakini mampu menumpas bibit kanker.
Manfaat likopen lainnya dalam semangka adalah mampu membuat wajah tampak bercahaya, tampak segar dan lebih muda. Buah semangka juga ampuh dalam melembabkan kulit wajah yang kering, menghilangkan noda hitam. Hal ini dikarenakan buah semangka kaya akan vitamin E, lipase, dan protein.
Selain itu, semangka bagi lansia tidak hanya memulihkan gangguan kesehatan secara lebih cepat, melainkan juga membantu meningkatkan daya kemampuan mental dan ketajaman daya ingat. Khusus bagi kaum pria, semangka juga memiliki khasiat dalam meningkatkan kesuburan dan membantu membangkitkan gairah. Menurut penelitian pun, menunjukan bahwa senyawa sitrulin dalam semangka memiliki efek afrodisiak yang sama hebatnya dengan viagra, hanya saja yang membedakan tanpa adanya efek samping sama sekali.
Satu buah semangka mengandung kadar gula antara 6-9% dan kandungan vitamin C yang berlimpah. Namun, semangka hanya memiliki sedikit vitamin A dan asam nikotinat (niasin). Buah semangka juga memiliki cukup banyak unsur garam mineral, seperti fosfor, klorin, sulfur, dan natrium. Semangka juga memiliki kadar potasium yang tinggi. Oleh karena itu, buah semangka sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sehingga sangat cocok dan baik bila dikonsumsi untuk tubuh. Terutama sebagai penjaga kesehatan dan mencegah penyakit.   *(NSR/Mukhlidah Hanum Siregar).

Tips Meremajakan Kulit dan Ramuan Awet Muda dengan Semangka
Bahan-bahan:
a.        100 gram plum, kupas dan dipotong-potong
b.       100 gram semangka kuning, dipotong-potong
c.        2 sdm air jeruk lemon
d.       60 ml air es
e.       1 sdm madu
f.         3 lembar daun mint
g.       2 potong es batu

Cara Membuat:
1.       Masukan potongan buah plum, semangka kuning, air jeruk lemon, air es, madu, daun mint dan es batu ke dalam blender.
2.       Blender semua bahan hingga lembut dan menjadi es siap diminum.
3.       Dan tinggal siapkan ke dalam gelas saji siap minum.




0 Response to "Sehat Ala Rasulullah Saw dengan Semangka"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel