Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Keutamaan Manusia yang Berjihad Menuntut Ilmu


JJika mendengar kata jihad, banyak di antara kita yang menafsirkan sebagai peperangan. Padahal, menuntut termasuk dalam jihad juga. Beberapa ulama berpendapat bahwa menuntut ilmu menjadi jihad yang lebih utama daripada berperang. Mengapa? Ya, pada dasarnya berjihad dengan berperang pun membutuhkan ilmu juga. Mengatur strataegi sampai membagi harta rampasan perang.
Menurut Syaikh Muhammad bin Sholih Al-Utsaimin rahimahullah menyatakan bahwa agama dapat terjaga dengan dua hal, ilmu dan berperang menggunakan senjata. Apabila di suatu negeri terdapat perintah untuk berperang, maka jihad tersebut menjadi amalan yang paling mulianya. Namun, jihad dengan ilmu tetap menjadi yang lebih utama. Sebagaimana hadits Rasulullah Saw yang sering kita dengar, “menuntut ilmu diwajibkan atas orang muslim laki-laki dan perempuan.”

Sedangkan menurut Imam Syafi’i, memberikan petuahnya mengenai ilmu, “Ilmu itu bagaikan binatang buruan, sedangkan pena adalah pengikatnya. Maka ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat.” “Sehingga, alangkah bodohnya jika kamu mendapatkan kijang (binatang buruan) namun tidak mengikatnya, hingga akhirnya binatang buruan itu lepas di tengah-tengah manusia.”
Petuah di atas mengajarkan kita bahwa ilmu tidak hanya bisa diperlakukan dengan mengingatnya. Namun, tulislah dan simpan pada buku yang layak. Sehingga, ilmu yang didapat bisa terjaga aman saat kita lupa akan ilmu tersebut.

Berbicara mengenai jihad, perlu diketahui bahwa adanya keutamaan-keutamaan bagi umat muslim yang berjihad menuntut ilmu. Berikut keutamaan manusia yang berjihad menuntut ilmu.

Allah tinggikan derajat orang yang menuntut ilmu. Bagi manusia yang gemar menuntut ilmu, Allah SWT akan meninggikan derajatnya di dunia dan akhirat. Di dunia, mereka yang menuntut ilmu akan Allah SWT tinggikan derajatnya sesuai dengan ilmu dan amalan yang dikerjakan. Di akhirat, Allah tinggikan derajat mereka yang menuntut ilmu berdasarkan amal dan dakwah yang dikerjakan.

Allah akan mempermudah jalannya ke surga. Bagi mereka yang berjuang menuntut ilmu, Allah SWT akan permudah jalan mereka menunju surga-Nya. Rasulullah Saw bersabda, “Barangsiapa meniti jalan untuk menuntut ilmu, maka Allah akan mempermudahnya jalan ke surga. Sungguh, para malaikat merendahkan sayapnya sebagai keridaan kepada penuntut ilmu. Orang berilmu akan dimintamaafkan oleh penduduk langit dan bumi hingga ikan yang ada di dasar laut. Kelebihan seorang alim dibandingkan ahli ibadah adalah seperti keutamaan rembulan pada malam purnama atas bintang-bintang. Para ulama adalah ahli waris para nabi, dan para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, mereka hanyalah mewariskan ilmu. Barangsiapa mengambilnya, maka ia telah mengamabil bagian yang melimpah. (HR. Abu Dawud).

Menuntut ilmu merupakan kebaikan dari Allah SWT. Barang siapa yang menuntut ilmu agama, sesungguhnya ia telah memperoleh kebaikan yang Allah SWT kehendaki. “Barangsiapa yang Allah kehendaki seluruh kebaikan, maka Allah SWT akan menanamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Orang yang menunutut ilmu berada di jalan Allah.  Sebagaimana hadits Rasulullah Saw, “Barangsiapa yang keluar untuk mencari ilmu, maka ia berada di jalan Allah SWT hingga ia pulang.” (HR. Tirmidzi).

Orang berilmulah yang mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat. Hal ini sebagaimana hadits Rasulullah Saw, “Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barangsiapa menghendaki keduanya, maka wajib baginya memiliki ilmu.” (HR. Tirmidzi).

Demikian keutamaan bagi umat muslim yang mau menuntut ilmu. Semoga kita semua termasuk orang-orang yang berada dalam jalan Allah SWT. Aamin.   *(NSR/BerbagaiSumber). 
nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Posting Komentar untuk "Keutamaan Manusia yang Berjihad Menuntut Ilmu"