follow us

5 Hal yang Bisa Dilakukan Menjadi Pribadi Bermanfaat


Hidup di dunia ini akan terasa hambar jika dilakukan sendiri saja. Adakah manusia di dunia ini yang dapat hidup sendiri saja? Semua orang akan saling berhubungan. Karena sejatinya manusia adalah makhluk social. Oleh karena itu, jelas bahwa hidup akan menjadi berarti jika kita bisa berbagi dan menebar kemanfaatan kepada orang banyak. Karena dari sanalah akan timbul cinta dan kasih sayang.

Islam pun telah menjelaskan bahwa sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang bermanfaat hidupnya bagi orang banyak. Rasulullah Saw bersabda: Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat.”(HR. Muslim).
Jelas sudah bahwa kita hidup di dunia ini bukan semata untuk diri kita sendiri saja, melainkan untuk membantu sesame yang sedang kesulitan. Lantas, apa saja yang bisa kita manfaatkan dari diri kita sendiri? Berikiut hal-hal yang bisa dimanfaatkan dari diri kita untuk orang lain.

Pertama ilmu pengetahuan. Setiap dari kita pasti mempunyai ilmu pengetahuan. Setiap manusia mempunyai keahliannya masing-masing, karena manusia adalah berbeda-beda. Karena keberagaman inilah seharusnya bisa menjadi pacuan hidup untuk kita saling berbagi.

Kegiatan dakwah tidak hanya dilakukan oleh ustad saja yang menyampaikan kajian keagamaan. Kita dan siapa pun bisa berbagi ilmu pengetahuan umum tentang bidang yang kita pahami. Seorang dokter berbagi tips menjaga kesehatan dan merawat kesehatan tubuh kepada masyarakat. Ahli pertanian memberikan ilmunya seputar bagaimana bisa sukses dalam bertani.

Pastinya, tidak ada ilmu yang tidak bermanfaat. Rasulullah Saw bersabda: “Seseorang yang sudah meninggal akan terputus amalnya kecuali tiga hal: Shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang mendodakan orangtuanya.” (HR. Muslim).

Kedua harta kekayaan. Segala sesuatu harta benda datangnya dari Allah Swt. Oleh karena itu, rasanya tidak pantas jika kita tidak kembali berbagi rezeki kepada mereka yang membutuhkan. Karena bisa saja rezeki orang lain datang melalui perantara kita. Kembali pada hadits di atas pula, bahwa dengan amal shadaqah jariyah, insya Allah amal harta benda kita akan terus mengalir walau kita sudah mneinggal dunia.
Ketiga tenaga atau keahlian. Budaya gotong royong di Indonesia memang tidak bisa dianggap remeh. Dan bagi yang belum tahu, bahwa jika kita melakukan hal-hal bermanfaat dengan tenaga kita, ini sudah termasuk dalam menjadi pribadi bermanfaat melalui tenaga. Misalnya, kegiatan kerja bakti membersihkan lingkungan, membangun masjid dan lainnya. Ingat, Allah Swt menyukai hambanya yang bermanfaat untuk orang banyak,

Keempat sikap yang baik. Sifat yang baik termasuk juga dalam hal yang bermanfaat. Bagaiama bisa? Ya, sifat yang baik pasti akan menular kepada orang lain. Inilah yang menjadi penyebab kenapa menjaga sikap agar tetap baik bisa bermanfaat kepada orang lain.

Seperti mempunyai sifat ramah dan murah senyum. Sifat yang sederhana ini jika sering dilakukan pasti akan menciptakan suasana yang baik, termasuk menciptakan hubungan yang semakin erat kepada sesame. Oleh karena itu, murah senyum sudah termasuk dalam hal yang bermanfaat untuk orang banyak.

Kelima berbagai waktu. Ya, terkadang hal-hal di atas tidak bisa dipenuhi jika kita tidak bisa sedikit saja membagi waktu. Semua waktu kita kerahkan untuk bekerja, bekerja dan bekerja. Tanpa bekerja hidup akan susah. Hal ini jelas salah. Bukankah kita butuh berbagi waktu kepada orang banyak untuk mengerjakan hal-hal di atas? Sehingga, perlulah kita sedikit meluangkan waktu untuk hal-hal bermanfaat lainnya.

Berbagai waktu pun bisa dilakukan mengunjungi kerabat lama. Entah sedang membutuhkan dukungan kita ataupun sakit. Karena kita tidak pernah tahu, bahwa ternyata kerabat kita butuh teman untuk berbagi cerita. Dan dari sinilah bisa saja kita memberikan saran, nasehat yang bermanfaat agar masalahnya bisa terselesaikan.


Demikian kelima hal bermanfaat yang bisa kita lakukan kepada orang banyak. Jadilah pribadi yang bermanfaat, bukan hidup untuk diri sendiri. Sebagai-baiknya manusia adalah ia yang bermanfaat untuk orang banyak. Dan orang yang paling dicintai Allah Swt adalah mereka yang paling bermanfaat. (HR. Thabrani).   *(NSR/Berbagaisumber). 

0 Response to "5 Hal yang Bisa Dilakukan Menjadi Pribadi Bermanfaat"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel