follow us

Khasiat Buah Labu Bagi Kesehatan


Sebagai masyarakat Indonesia, kita sangat mengenal akan buah labu. Biasanya sering dikenal labu siam untuk sayuran dan labu kuning sebagai aneka buah dan bahan pembuatan kue. Buah labu sendiri dalam pandangan Islam sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an yang berbunyi, “Dan kami tumbuhkan untuk dia sebatang pohon dari jenis pohon yaqtin atau labu.

Pada firman Allah Swt di atas merupakan firman Allah yang turun setelah kisah Nabi yunus ditelan ikan paus dan Allah Swt menyelamatkannya dan menumbuhkan pohon yaqtin atau lbu. Lain sisi, Rasulullah Saw sangat menyukai buah labu.

Disebuatkan dalam sebuah hadits bahwa seorang penjahit mengundang Rasulullah Saw untuk menghadiri suatu jamuan makan. Anas ra berkata, “Aku berangkat bersama Rasululah Saw untuk menghadiri suatu jamuan makan tersebut. Kepada Rasulullah tuan rumah menghidangkan roti dari gandum serta kuah berisi labu dan dendeng. AKu melihat Rasulullah Saw mencari labu dari mangkuk kuah tersebut.” (HR. Muslim).

Rasulullah Saw sendiri pernah meminta istrinya ‘Aisyah untuk memperbanyak labu dalam masakannya. “Hai ‘Aisyah! Jika engkau memasak makanan, perbanyaklah labu. Sesungguhnya, labu dapat mengobati hati yang sedih.”

Manfaat Labu Kuning Bagi Kesehatan

Di Indonesia, labu kuning sering dihidangkan sebagai kolak, sup dan aneka kue lainnya. Namun tahukah kita kalau labu kuning banyak manfaat? Seperti bijinya yang bisa dijadikan cemilan atau makanan ringan (kuaci). Sederet manfaat labu kuning mengandung karotenoid (betakaroten), vitamin A, vitamin B, vitamin C, serat, mineral, lemak dan karbohidrat.

Kaya akan kandungan nutrisi dalam labu menjadikannya berkhasiat dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Betakaroten yang terkandung sangat baik dalam mencegah serangan jantung. Vitamin B1, C dan serat berperan sebagai pencegah penyakit jantung dan stroke.

Air buah labu mempunyai khasiat yang berfungsi sebagai penawar racun binatang berbisa. Dagingnya, diyakini mampu menangkal kanker disebabkan oleh banyaknya antioksidan. Manfaat lainnya dari labu kuning dapat mneyembuhkan penyakit diabetes (kencing manis), penyempitan pembuluh darah, jantung koroner, dan darah tinggi, demam, migraine, ginjal dan radang. Selain itu, manfaat positif lainnya dari labu kuning adalah menjaga kolestrol sehingga baik mengontorol berat badan ketika diet.

Menurut Prof. Hembing Wijayakusuma, labu dapat menurunkan panas, mengobati diabetes, memperlancar percernaan dan dapat juga mnegatasi tekanan darah tinggi.

Manfaat Labu Siam bagi Kesehatan
Labu siam memiliki getah dan permukaan yang berbiku-biku. Labu ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan sayuran, sayur asam, sambal goring, sayur santan, dikukus sebagai lalapan.

Labu siam ini mengandung vitamin A, B, C, niasin dan sedikit albuminoid. Labu siam ni terdiri dari 90 persen air, 7,5 persen karbohidrat, 1 persen protein dan 0,6 persen serat, 0,1 persen lemak. Labu siam juga mengandung 20mg kalsium, 25mg fosfor, 100mg kalium, 0,3 mg zat besi, 2 mg natrium dan beberapa zat kimia yang baik sebagai khasiat obat.
Besarnya kandungan air dalam labu siam bagus untuk menyembuhkan sariawan, panas dalam serta menurunkan demam pada anak. Selain itu, labu siam ini bersifat peluruh air seni. Kandungan alkaloid di dalamnya pun mampu membuka pembuluh darah yang tersumbat.

Labu siam memiliki manfaat dalam mencegah kanker. Hal ini dikarenakan adanya kadar serat yang cukup baik, 1,7 g per 100g labu. Labu siam juga baik bagi wanita hamil. Kandungan asam folat dalam labu siam sangat penting bagi ibu hamil dalam mencegah besarnya resiko kelahiran bayi cacat.

Manfaat lainnya labu siam dapat mencegah hipertensi atau mengendalikan tekanan darah tinggi serta membersihkan karbodioksida dalam darah. Labu siam mampu atasi asam urat yang dikarenakan labu siam mampu melancarkan pembuangan air kecil. Sehingga asam urat segera dikeluarkan dalam tubuh.

Dan masih banyak lagi manfaat buah labu kuning dan labu siam bagi kesehatan. Termasuk buah labu lainnya. Bagi yang sudah mengkonsumsinya, semoga kita semua mendapatkan kesehatan yang baik dan prima agar dapat terus beraktivitas. Aamin.   *(NSR/BerbagaiSumber).  

Tips Mengolah Labu
1.     Untuk Kesehatan Tubuh.  Siapkan labu air, parut dan peras serta ambil airnya. Minumlah 3x sehari, masing-masing ½ gelas.
2.     Menurunkan Kadar Kolestrol. Siapkan 1 buah labu siam ukuran sedang. Kupas dan potonglah kecil-kecil. Cuci hingga bersih, kemudian dijus atau parut, peras airnya dan disaring. Minumlah air labu perasan tersebut sekaligus.
3.     Menurunkan Tekanan darah Tinggi.  Siapkan 200g labu siam dan 200g mentimun. Cuci dan potong lalu diblender. Minum air  labu tersebut yang sudah disaring.

4.     Mengobati Penyakit Tifus. Siapkan buah labu secukupnya, dan diparut. Campur parutan labu dengan kunyit yang sudah diparut juga. Peras, saring dan ambil airnya. Kemudian minum dua kali sehari, pagi dan sore. 

0 Response to "Khasiat Buah Labu Bagi Kesehatan"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel