follow us

Inovasi FWD Berbasis Digital Menuju Asuransi Terbaik di Indonesia


Bayar asuransi? Buat apa? Duh, nambah pengeluaran aja kayaknya dah kalau ikut asuransi.
Ada yang masih berpikir demikian? Saya. Hehe

Ngomongin soal asuransi di Indonesia rasanya masih menjadi hal yang tabu. Apalagi sampe nanya apa sih asuransi terbaik di Indonesia? Setuju gak Sobat Blogger? Beberapakali saya ditawarkan soal asuransi, saya pun masih enggan untuk mengikutinya. Pertama, karena masih belum paham betul manfaatnya. Kedua, waktu itu sih karena pendapatan bulanan emang yang hanya pas-pasan buat keperluan bulanan aja. Ketiga, dulu itu, hingga sekarang. Saya belum paham betul soal asuransi. Tapi, sejujurnya sekarang mulai sedikit tertarik. Karena mulai mengetahui manfaat dari berasuransi itu sendiri.

fwd asuransi terbaik di indonesia

Tapi, untuk saat ini rasanya masih belum begitu teratrik untuk berasuransi. Masih lebih suka menabung dahulu. Nabung ini dan itu. Termasuk nabung masa depan aku, kamu sampai jadi kita. Eaaaa

Pelan-pelan saya mencoba memahami cara bekerja asuransi melalui browsing sana dan sini. Dan sedikit banyaknya, mulai terbukalah pikiran saya soal asuransi itu sendiri. Lalu, apa itu sih asuransi? Lalu bagaimana cara kerjanya?

Apa itu Asuransi?

Secara sederhana saya memahami kalau asuransi merupakan investasi pertanggungan kehidupan kita. Melalui sebuah perjanjian dengan perusahaan asuransi, kita menjamin hidup kita bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, kerugian tersebut bisa diganti oleh mereka.

Menjawab apa itu asuransi lebih teoritis, saya merujuk kepada Kitab Undang-Undang Hukum Dagang yang membahas mengenai asuransi atau pertanggungan Bab 9 Pasal 264: (2) yang berbunyi, “Asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian di mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk memberikan penggantian kepadanya karena suatu kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tak tertentu.”

Di indonesia sendiri telah hadir beberapa perusahaan asuransi. Masing-masing memiliki kebijakannya. Biasanya, perusahaan asuransi akan mengcover tanggungan keselamatan jiwa, kesehatan, pendidikan, kendaraan, properti dan lainnya. Sejauh ini sih itu saja yang saya tahu.

Ngomongin soal penting dan manfaatnya? Setelah mulai mencari tahu perihal manfaat asuransi beberapa hal dasar menjawab pertanyaan tersebut.

Dengan membayar premi bulanan atau tahunan, sebenarnya hal tersebut bukanlah sebuah pengeluaran yang sia-sia. Karena, pada dasarnya premi yang kita bayar tersebut di masa mendatang yang sudah ditentukan akan tetap menjadi milik kita.

fwd asuransi terbaik di indonesia

Lalu, setiap kejadian baik sakit, kehilangan, bencana ataupu kematian tidak pernah bisa kita prediksi. Menjadi hal baik jika dilakukan pencegahan dengan yang namanya asuransi. Dalam artian, ada instansi yang sudah mau menanggung segala kerugian biaya kita nanti jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Begitu sih Sob yang saya pahami soal berasuransi. Nah, ngebahas soal asuransi. Kemaren nih saya diundang oleh salah satu perusahaan asuransi yang telah meluncurkan program barunya. Asuransi FWD yang meluncurkan program baru berbasis digital. Sebelum lanjut ke program barunya, mari kenalan sekilas dengan FWD itu sendiri. Tak kenal, maka kita berkenalan ya Sob.

Sekilas Tentang Asuransi FWD

PT FWD Life Indonesia (FWD Life) merupakan menjadi perusahaan asuransi jiwa patungan yang juga menjadi bagian dari FWD Group. FWD sendiri memiliki jaringan usaha di luar Indonesia seperti Hongkong &Macau, Thailand, Filipina, Singapura, Vietnma dan jepang. FWD sendiri menawarkan ragam asuransi seperti asuransi jiwa, kesehatan, umum dan employee benefit di beberapa negara.

fwd asuransi terbaik di indonesia


Menjadi titik fokus dari FWD sendiri adalah menjadi perusahaan asuransi yang mengembangkan diri untuk konsumen mengenai produk yang ditawarkan didukung oleh teknologi digital.

Hal ini sejalan dengan visi dari FWD mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi dengan tiga hal pembeda utama: pendekatan inovatif yang disesuaikan dengan kebutuuhan nasabah, distribusi terintegrasi yang berlandaskan teknologi, hubungan dengan nasabah yang ditingkatkan melalui pendekatan digital.

FWD sendiri masuk ke Indonesia pada tahun 2013 yang hingga kini ia sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan izin Usaha dari OJK KEP-750/NB.11/2015.  Perjalanan FWD di tahun 2018 ini pun dimulai dengan sebuah gebrakan baru melalui peluncuran FWD MAX.

FWD MAX inilah yang sedikit banyaknya nanti mau saya bahas Sob. Oh ya, ditahun 2018 juga ada banyak program baru lainnya yang diluncurkan. Seperti Produk FWD LooP, Peluncuran kerjasama dengan Special Olympic Indonesia, dan Peluncuran Asuransi bebas Tawakkal. Info lebih lengkap bisa dibaca di sini: Asuransi FWD.

FWD MAX: Gebrakan Baru Menuju Perusahaan Asuransi Terbaik di Indonesia Hingga Asia

Beberapa hari yang lalu, di Veranda Hotel menjadi perkenalan saya yang pertama kali dengan FWD. Perkenalan saya denagn FWD tidak dimulai dengan apa sih itu Asuransi FWD? Melainkan langsung dengan peluncuran program baru mereka yang berbasis digital, yakni FWD MAX.

fwd asuransi terbaik di indonesia
Dok: Elly Nurul
FWD MAX itu sendiri bisa dikatakan sebagai kartu kesehatan digital yang berupa aplikasi yang bisa diunduh di playstore atau appstore. Di dalamnya ada apa saja? Di dalam aplikasinya tersendiri terdapat fitur yang sudah dikembangkan guna memudahkan nasabah dalam berasuransi melalui perkembangan teknologi digital. Simpelnya, lewat hp doang nih kita udah bisa ke rumah sakit dengan jaminan asuransi FWD.

fwd asuransi terbaik di indonesia

Melalui aplikasi FWD MAX, nasabah akan dimanjakan dengan dua fitur:
1. kartu kesehatan (eMedical Card).
Sekarang, hanya bermodalkan kartu kesehatan berbais digital aplikasi (eMedical Card), kita sudah bisa klaim biaya kesehatan cashless di rumah sakit tanpa perlu bawa kartu fisik. Caranya pun mudah: Pertama, nasabah siapkan dan buka aplikasi FWD MAX. Kedua, dateng ke bagian counter. Ketiga, tunjukan kartu anggota yang sudah didaftarkan melalui FWD MAX. Keempat, Petugas akan melakukan proses pemeriksaan dengan input data benar adanya sebagai nasabah aktif. Kelima, jika inputing berhasil, maka nasabah sudah bisa melanjutkan berobat.

2. Klaim online (eFriend).
Di era serba digital ini, sekarang ngecek, klaim dan monitor udah gak pake lama dan semakin dimudahkan denagn yang namanya smartphone. Ya salah satunya lewat aplikasi FWD MAX yang sudah menyimpan semua dokumentasi eFriend reimbursement. Semua data bisa diunduh melalui aplikasi tersebut. Mudah dan praktis bukan Sob?!

fwd asuransi terbaik di indonesia


Oh ya Sob, keuntungan lainnya dari mendownload aplikasi FWD MAX ini nasabah juga bisa mendapatkan berbagai penawaran khusus seperti diskon, voucher, MAX Point yang bisa ditukarkan di 22.000 merchants di Indonesia.

Penutup, Chief of Corporate Care FWD Life, Pedro Amor mengatakan “Dengan inovasi ini, FWD MAX menjadi sebuah one stop solution application yaitu aplikasi dengan fitur lengkap pertama di Indonesia yang kami harapkan bisa membantu meningkatkan penetrasi asuransi di Indonesia. Nasabah sudah dapat memanfaatkan layanan eMedical Card di lebih 60 mitra rumah sakit dan pada akhir tahun 2018 nanti, layanan ini dapat dilakukan di 800 mitra rumah sakit di seluruh Indonesia.”

Jadi itu dia Sob, sharing sedikit saya seputar asuransi dan FWD MAX. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kegalauan Sobat Blogger semua di sini mengenai apa itu asuransi. Termasuk saya sih ini. Hehe

Oh ya, semoga Asuransi FWD terus berkembang dan maju menjadi asuransi terbaik di Indonesia. Aamin. Berdasarkan info yang saya dapat. Berdasarkan laporan Kuartal 1 New Business, Asosisasi Asuransi Jiwa Indonesia. FWD Life Corporate Care masuk pada posisi 4 besar sebagai penyedia manfaat karyawan di Indonesia. Keren kan!

21 Responses to "Inovasi FWD Berbasis Digital Menuju Asuransi Terbaik di Indonesia"

  1. Inovasi fwd bisa memungkinkan para nasabah di manjain terus dengan hadiah yang ok.

    Apalagi emak emak suka dapat voucer,diskonan.

    BalasHapus
  2. Aah.. Andai waktu aku ngurus asuransi di tempat bekerja dulu secanggih FWD yg ngasih kemudahan kepada perusahaan korporasi.. Mungkin tiap ada klaim aku gak harus pusing..

    BalasHapus
  3. Makin lama FWD Life makin mantap aja dalam memberikan pelayanan kepada nasabah-nasabahnya. Jadinya kita gak perlu khawatir bolak balik karena drama kartu yg tertinggal saat akan berobat

    BalasHapus
  4. Inovasi FWD Life memang keren, dalam aplikasi FWD MAX kini tersedia fitur eMedical Card jadi mudah untuk klaim dan mengetahui manfaat asuransi yang dimiliki.

    BalasHapus
  5. Aku udahownload aplikasi FWD MAX ini dan telah mendapatkan berbagai penawaran MAX Point yang aku tukarkan ama gopay di ojek online, mas. Memudahkan dan untung banget

    BalasHapus
  6. Keren nih gak usah ribet sama kartu apalagi kalau emergency pasti kan suka lupa..

    BalasHapus
  7. Aamiin.. negara berkembang yang menuju maju ya mas.. semua serba digital yang memudahkan aktifitas warganya.. one stop solutions memang dibutuhkan saat ini

    BalasHapus
  8. Pengalaman berasuransi jadi makin gampang ya sekarang, yeayyy

    BalasHapus
  9. Sekarang sudah jamannya paperless dan cashless ya, ga perlu bawa-bawa kartu dan kertas2 ke rumah sakit, FWD Life keren banget

    BalasHapus
  10. FWD Life makin mantap berinovasi di jaman digital.. pas banget sama gaya hidup masyarakat millenials yg mayoritasnya mengandalkan teknologi untuk memudahkan aktivitas..

    BalasHapus
  11. Di zaman digital sudah ga ribet lagi ya bawa2 kartu atau segambreng perlengkapan administratif RS. Canggih ni inovasinya, mengerti kebutuhan konsumen di zaman now

    BalasHapus
  12. Sebagai mobile work aku apresiasi bamget keberadaan FWD MAX dari FWD Life Indonesia.

    BalasHapus
  13. FWD Life keren bangat terus menghadirkan inovasi-inovasi yang memudahkan nasabahnya sehingga semua semakin praktis dalam satu aplikasi FWD MAX saja.

    BalasHapus
  14. Enak ya ada emedical card gini jadi ga perlu bawa2 kartu fisik waktu ke RS, tinggal di kasih liat aja di aplikasi FWD MAX.

    BalasHapus
  15. Ajib nih, segala fitur yg ada di FWD MAX bisa makin mudah berasuransi dgn FWD Life.

    BalasHapus
  16. Aku sudah download FWD MAX dong..komplit banget ya aplikasinya benar-benar one stop solution. Ditambah lagi dengan hadirnya eMedical Card di aplikasi jadi tambah komplit kemana-mana cukup buka hape nggak ribet bawa-bawa kartu fisik.

    BalasHapus
  17. AKu jadi pengen daftar asuransi jiwa di FWD nih, sekalian asuransi perjalanannya. :))

    BalasHapus
  18. Dede hitsss.... Selalu eksis dmn mn... Untunglah aku jg dah punya aolikasi FWD Max

    BalasHapus
  19. Ok sob..sekarang sudah paham banyak tentang asuransi. Pilihan FWD Life ini sepertinya pas buat aku juga.

    BalasHapus
  20. Duh baca pasalnya bikin njlimet deh. Tapi sejak ada FWD MAX udah gak lagi. Bayangin aja sih ada layanan asuransi corporate semudah ini. Eranya udah beda ya skrg. Melek digital

    BalasHapus
  21. Senang deh tau bahwa FWD Life begitu melek teknologi dan bisa kasih solusi mudah buat masyarakat dengan inovasinya kayak gini. :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel