Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Cari Bacaan Sehat nan Menginspirasi, Website Tokoh Inspiratif Aja!


Di zaman sekarang, mencari sumber informasi yang baik dan benar terkadang sulit ditemukan. Bukan soal sulit mencari beritanya, melainkan kebenaran beritanya yang sulit untuk dipastikan. Mobilitas arus infomasi dalam dunia sangat sulit untuk dikendalikan. Beribu hingga berjuta-juta tulisan dapat dengan mudah ditemukan dalam sebuah halaman pencarian yang diberi nama google.

website tokoh inspiratif


Ngebahas soal mencari berita atau informasi yang sehat, kebetulan banget nih Sob. Kalau kemaren saya abis menghadiri sebuah acara peluncuruan website nantinya akan diisi oleh konten-konten yang menginspirasi. Ya, namanya Tokoh Inspiratif.

Website ini sendiri, didirikan oleh Khalid Muhammad dan sekumpulan organisasi yang memiliki rasa kepedulian mengenai generasi masa depan bangsa, dari bacaan informatif serta memiliki banyak panutan sosok inspiratif di sekitar kita.

Website Tokoh Inspiratif ini menjadi wadah bagi kita semua untuk bisa melihat siapa saja orang-orang yang telah berbuat baik, dan mempunyai nilai kehidupan yang inspiratif dan bisa dicontoh. Melalui website juga, kita bisa memasukan orang-orang yang dirasa menginspirasi di lingkungan sekitar kita loh Sob.

Pastinya, di sekitar kita ada saja orang-orang yang telah secara konsisten dan kontinu berbuat baik. Entah itu kecil atau besar, di bidang apa pun yang dia kerjakan, selama orang tersebut memiliki nilai kebaikan dan melakukannya tanpa pamrih. Sobat Blogger bisa memasukkan daftar orang tersebut ke dalam website Tokoh Inspiratif.

Oh ya, di dalam website tersebut juga ada satu kolom menarik namanya inspirasi. Jadi, di website Tokoh Inspiratif ada menu “Tokoh” dan “Inspirasi”. Menu Tokoh ini akan berisi daftar orang-orang inspiratif atas kebaikan yang telah dilakukannya tanpa pamrih.

sosok inspirasi di website tokoh inspiratif


Sedangkan kolom Inspirasi ini berisi semacam berita yang mengangkat informasi anak-anak atau orang-orang berprestasi di bidangnya masing-masing. Seperti yang sudah tersisi ada 3 mahasisiwi Febrilia Agar Pramesti, Abduh Muharram Chairacita dan putri Augista Nur Azizah dari Institute Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang telah menciptakan baterai gel bersumber dari buah tomat.

Peluncuran website Tokoh Inspiratif yang dilakukan pada (9/8) di Ocha & Bella Resto- Hotel Morrissey ini menghadirkan para 5 tokoh inspiratif dan 3 narasumber. 5 tokoh inspiratif tersebut ada:
1. Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, Guru Besar Antropologi Universitas Indonesia
2. Nur Hidayati, Direktur Eksekutif Nasional Wahana Lingkungan Hidup Indonesia
3. Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi
4. Dr. Ratna Dewi Petalolo, SH, MH, Anggota Bawaslu RI Divisi Penindakan
5. Merah Johansyah Ismail, Koordinator Nasional Jaringan Advokasi Tambang

Dan ketiga narasumber yang gak kalah kerennya:
1. Sandra Hamid (Antropolog)
2. Imam B Prasodjo (Sosiolog)
3. Ray Rangkuti (Pengamat Politik)

Menarik untuk saya simak kemaren nih Sob. Dari masing-masing tokoh inspiratif dengan berbagai macam latar belakang sama-sama saling menggebu-gebu membicarakan apa yang selama ini telah mereka perjuangkan.

website tokoh inspiratif


Seperti yang disuarakan oleh Ibu Nurhidayati sebagai seorang pejuang lingkungan menyampaikan pendapatnya, “Harus ada kesadaran dari individu masing-masing terhadap kepedulian lingkungan. Saat ini, sudah ada itu tanda-tanda kesadaran lingkungan dari masyarakat. Tinggal aksi nyata bersama untuk kita semua bisa menjaga bumi kita kerusakan lebih jauh.” Tambahnya, “Membela dilakukan dari diri sendiri, dan dilakukan secara masif.”

Lalu, ada juga Ibu Titi Anggraini yang menyampaikan suaranya perihal sistem demokrasi kita di Indoensia. “Demokrasi bisa menjadi tujuan dan bisa juga menjadi alat. Pastinya, demokrasi menjadi fasilitas warga untuk berbicara.”

website tokoh inspiratif


Bu Titi juga menambahkan pesannya di akhir acara kepada generasi muda masa kini. “Bila kita jenuh dengan politik saat ini. Rebut politik tersebut. Anak muda jangan sampai alergi dengan politik. Lalu, jangan salahkan bila politik didominasi orangtua hingga menyebabkan berbagai kebijakan yang tidak sejalan.”

website tokoh inspiratif


Hal menarik lainnya datang dari sambutannya Pak Imam B Prasodjo yang mengatakan ada banyak model tokoh inspiratif. Tetapi, pastilah kebanyakan di antaranya adalah orang-orang dengan jenis political advocator. “Merekalah orang-orang yang banyak bicara (memberikan suntikan inspirasi), banyak bekerja dan melakukan inovasi-inovasi dalam melihat masa depan.” Ia pun menambahkan, seorang tokoh inspiratif bisa datang juga dari sosok entrepreneur. Seperti para pelaku social enrepreneur.

Muatan sebagai seorang tokokh inspiratif, kita bisa nilai mereka dari 4 hal. Pertama, Passionnya di bidang apa. Tapi, gak sampai di situ saja. karena passion ini pasti ada kapasitasnya. Kedua, mereka harus punya integritas. Ketiga, inovasi-inovasi terbaru dan mampu berpikir out of the box. Dan keempat, mereka harus punya punya semangat berbagi dan memberi.

Jadi, kalau sekarang udah tahu kan ya ada website Tokoh Inspiratif. Jangan bosen buat masuk ke webnya ya Sobat Blogger. Gak lupa juga buat dishare informasi di dalamnya. Biar konten-konten yang viral di socmed semakin berfaedah. Jadi, selamat membaca bacaan sehat dan informatif. Semoga kita semua bisa saling menginspirasi. Ingat kata Bung Imam, orang yang menginspirasi adalah mereka yang punya semangat untuk berbagi atau memberi. Salam, inspiratif.

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

7 komentar untuk "Cari Bacaan Sehat nan Menginspirasi, Website Tokoh Inspiratif Aja!"

Food Travel Zone 13 Agustus 2018 pukul 09.37 Hapus Komentar
Website tokohinspiratif ini pasti sering aku kunjungi
Hanni 13 Agustus 2018 pukul 12.42 Hapus Komentar
senangnya bisa mendapatkan informasi tokoh-tokoh yang menginpirasi karena selama ini yang muncul ya itu-itu aja
Okapi note 13 Agustus 2018 pukul 15.42 Hapus Komentar
Langsung meluncur nih ke tokoh inspiratif. Yang pasti gak ada berita hoax malah banyak inspirasi yang di dapat yang paling suka ada acara diskusi begini nih jadi wawasan kita bertambah dan bisa ikut ngungkapin pendapat jg
Yayat 13 Agustus 2018 pukul 17.45 Hapus Komentar
asyik nih ada website bermanfaat yang bisa diintip sekarang... sering sering ngintip web tokoh inspiratif bisa jadi terinspirasi nih
Dedy Darmawan 14 Agustus 2018 pukul 00.40 Hapus Komentar
Ayo sama sama menjadi salah satu tokoh inspiratif yang mampu membawa Indonesia jadi lebih baik.
Uci 15 Agustus 2018 pukul 08.24 Hapus Komentar
Semoga akan semakin banyak tokoh tokoh yang lahir, yang bisa menginspirasi untuk memajukan Indonesia.
Masolo 27 Agustus 2018 pukul 13.47 Hapus Komentar
Wah ada yah ternyata website inspiratif semacam ini, okelah berarti masolo mainnya kurang jauh. Saatnya klik ini website, pasti bertaburan inspirasi di sini.

Thanks mas said buat rekomendasi websitenya.

Salam Inspirasi,
Sesuapnasi