follow us

Ilham Nurkarim; Berdakwah Menyebarkan Virus Membaca Al-Qur’an Melalui Social Media

Nama Lengkap            : M.Ilham Nurkarim

TTL                             : Tangerang, 21 Maret 1996
Aktivitas                     : Mahasiswa Universitas Mercu Buana Jakarta Fakultas Teknik Arsitektur
Profesi/gelar                : Kang Nong Fotogenik Kab. Tangerang 2014


Di  zaman modern ini, social media sangat berperan penting bagi kehidupan manusia. Entah untuk apa digunakan fungsi dari social media, semua kembali kepada pemiliknya masing-masing. Instagram, merupakan salah satu social media yang saat ini digemari masyarakat Indonesia, khususnya anak remaja. Namun, tidak dipungkiri yang sudah bukan remaja pun masih ada saja yang eksis menggunakannya.

Ilham Nurkarim, merupakan salah satu pengguna akun instagram yang sudah memiliki banyak pengikut atau yang biasa dikenal followers. Disaat banyak pengguna istagram yang mengisi konten dengan foto-foto terbaik, atau video-video dubsmash, hal ini justru berbeda dengan Ilham. Al-Qur’an dan shalawatlah yang selalu dapat kita lihat pada konten isi instagramnya.

Assalamu alaikum... Bagaimana kabarnya ilham?
Waalaikumsalam , Alhamdulillah… Luar biasa … Allahuakbar . J

Setelah mengikuti ajang Kang Nong Kab. Tangerang, Ilham menjadi orang yang banyak  dikenal (fans). Social media, termasuk instagram saat ini menjadi akun yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Di saat masyarakat Indonesia bermain instagram untuk keperluan selfie, kenapa Ilham lebih banyak melakukan upload konten isi bernuansa Islami terutama ajakan membaca Al-Qur’an atau bersholawat?
Alhamdulillah, hehehe... saya bener-bener engga nyangka bisa dikenal banyak orang dan dapat Followers yang begitu banyaknya. Sebenernya saya hanya iseng-iseng saja. Cuma, kenapa upload video ngaji itu, karena setiap buka instagram pasti banyak sekali para remaja yang mengupload video atau foto yang berisikan tentang music ,dance, beatbox dll. Jarang sekali yang mengupload tentang Al-qur’an , ceramah dan mengaji. Hingga pada akhirnya saya sangat tertarik untuk melanjutkan mengupload video rekaman mengaji saya. Jelas, hal ini karna saya ingin sekali mengajak muda-mudi Indonesia untuk belajar membaca al-qur’an. Selain itu, berdakwah menjadi tujuan saya. Mudah-mudahan dengan adanya rekaman tersebut, orang yang mendengarkan mendapatkan pahala. Amiin. J


Mengapa Ilham menyukai upload isi konten Islami membaca Al-Qur’an shalawat?
Karna saya ingin mengajak orang2 untuk bersholawat dan mengaji, saya ingin apa yang saya upload itu bermanfaat bagi ornang banyak. J


Jika Al-Qur’an adalah harta yang sesungguhnya, menurut Ilham mengapa Al-Qur’an pantas dijadikan sebagai harta yang sebenar-benarnya?
Ya, Al-qur’an adalah harta dari segala harta, karena semua kejadian yang ada di muka bumi ini itu semuanya ada dalam Al-Qur’an .selain itu alqur’an juga mempunyai banyak sekali fungsi.  J

Menurut Ilham, seberapa penting Al-Qur’an (seperti mampu membaca dengan tartil, mengamalkannya, dan dibaca setiap hari) dalam kehidupan kita sebagai umat muslim?
Mempelajari al-qur’an itu sangat penting dan membacanya pun sama. Asal ketika saat membaca, kita harus tahu hukum-hukum ilmu tajwidnya. Karna hukum membaca al-qur’an dengan ilmu tajwid itu fardhu ain. Jadi, kalo asal baca tanpa memakai tajwid itu hukumnya dosa. Ketika kita sudah mahir membaca, sebaiknya kita amalkan,  ajari teman atau saudara yang belum bisa membaca al-qur’an.

Sedikit lebih jauh dan bukan maksud agar Ilham menyombongkan diri. Apakah saudara Ilham dalam kesehariannya selalu diisi dengan membaca Al-Qur’an? Apakah ada perasaan janggal jika melewati keseharian dengan tidak membaca Al-Qur’an?
Sebenernya tergantung kesibukan, tapi Alhamdulillah sesibuk apapun selalu saya sempatkan untuk membaca Al-Qur’an walau 1”ain”. Kalaupun benar-benar sibuk, paling saya hanya melantunkan shalawat-shalawat saja, dan saya lantunkan sambil naik motor, jalan kaki dan lain-lain. Heheh... Biar engga bete dan engga ngantuk kalo lagi nyetir.


Terakhir, pesan-pesan untuk pembaca Sahabat dan penggemar Ilham mengenai “Al-Qur’an Sebagai Harta yang Sesungguhnya?
Buat sahabat semuanya, disadari atau tidak, dewasa ini banyak sekali remaja yang sedikit tahu paham tentang Al-Qur’an. Apalagi  banyak yang masih belum bisa membaca Al-qur’an. Perlu kita ketahui dan renungkan akan perjuangan Rasulullah Saw ketika Al-qur’an diturunkan. Sangat luar biasa perjuangannya.  Maka dari itu, sebagai umat Islam harus mau belajar membaca Al’qur’an dan bahkan sampai pada memahami isi kandungan dalam Al-Qur’an. Walaupun saya sendiri sampai saat ini masih belajar membaca Al-Qur’an dan memahami isi dalam kandungan Al-Qur’an. Yuk, mulai saat ini, Kita tekadkan untuk belajar mebaca Al-Qur’an kalo kita engga bisa membacanya itu malu banget sebagai umat muslim. Malu untuk kedepannya juga. Siapa yang akan mengajarkan anak kita membaca Al-qur’an nantinya? Seorang ustadz? Kalo bisa ya kita. Betul bukan. Hehehhe...
Sungguh, kita engga akan rugi belajar membaca Al-Qur’an. Kalo udah bisa baca Al-qur’an, itu luar biasa enaknya. Kalo lagi galau terus baca Al-Qur’an itu 10 kali lipat lebih tenang dibandingkan mendengarkan musik, percaya deh. Karna Al-Qur’an sendiri itu adalah obat hati kawan. Heheh Okee SEMANGAT YA!   *(NSR).







2 Responses to "Ilham Nurkarim; Berdakwah Menyebarkan Virus Membaca Al-Qur’an Melalui Social Media"

Izumi Shinitachi Sagadista-MMunawir mengatakan...

Subhanallah....
Sebuah pekerjaan yang sangat mulia, yang susah untuk orang lain melakukannya
Semoga kita semua di dalam lindungan-Nya

Nur Said Rahmatullah mengatakan...

@Izumi : Aamin..

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel