follow us

AWAS! RADIASI HP PICU PENYAKIT BERBAHAYA


            Siapa sangka, benda ajaib yang selalu dipegang oleh manusia saat ini mampu menyebabkan penyakit berbahaya. Handphone (HP) merupakan benda mungil yang saat ini menjadi pendamping hidup manuisa. Anak-anak hingga orangtua, benda mungil ini selalu mendapingi aktivitas kehidupan manusia. Menjadi benda canggih dan penting bagi kehidupan manusia saat ini dalam proses berinteraksi.
            Saat ini HP sudah menjadi benda primer bagi keberlangsungan hidup manusia. Menjadi alat penghubung jarak jauh di zaman modern ini. Setiap manusia dapat terhubung dengan siapapun tanpa mengenal batas ruang dan waktu. Di manapun dan kapanpun, manusia dapat memberikan kabar, membuat janji, ataupun sekedar berkomunikasi pada teman melalui HP.

            Namun siapa sangka. Di balik kecanggihan benda mungil ini, terdapat gelombang yang dapat memicu penyakit berbahaya bagi kesehatan manusia. Pada HP terdapat gelombang RF (radio frequency) yang menhasilkan radiasi elektromagnetik.  Radiasi elektromagnetik inilah yang dapat memicu penyakit berbahaya pada tubuh manusia.
            Pada tahun 2000 dilakukan penelitian mengenai radiasi HP namun tidak ada korelasi apapun pada manusia. Dilakukan kembali pada tahun 2004, namun tidak ada korelasi juga. Dan dilakukan penelitian terakhir, baru menunjukan mungkin ada korelasi radiasi HP pada tubuh manusia namun sifatnya bukan sebab-akibat. Tetapi meningkatkan resiko (terkena kanker/tumor) kalau penggunaannya lebih dari 10 tahun.” ujar Prof. dr. Teguh A.S Ranakusuma Sp.S (K) Spesialis Saraf.
            Radiasi HP memiliki peluang besar menyelinap masuk ke tubuh manusia saat seseorang melakukan panggilan telepon. Pada saat inilah HP terus mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang akan diserap oleh manusia.Gelombang RF yang merupakan proses penciptaan dari hasil radiasi elektromagnetik inilah yang memiliki kemampuan memanaskan jaringan tubuh manusia seperti mesin oven microwave. Nah, sayangnya tubuh manusia tidak dilengkapi sistem antisipasi dalam penerimaan panas yang berlebihan akibat gelombang RF atau radiasi elektromagnetik.
Bahaya Radiasi HP
            Menurut berbagai macam penelitian, ada beberapa penyakit yang dipicu oleh radiasi HP diantaranya penyakit kanker, tumor otak, alzheimer, parkinson, fatigue (kelelahan luar biasa) dan sakit kepala. Namun, ada 3 penyakit berbahaya yang sangat fatal bagi tubuh manusia akibat radiasi HP.
Pertama. Terserang resiko kanker otak. Hal ini disebabkan terlalu seringnya manuisa meletakkan ponselnya di dekat kepala. Hal ini biasa dilakukan saat tidur malam. Manusia akan menaruh HP didekat bantal untuk dijadikan alarm. Padahal, siapa sangka, hal sepele tersebut memicu terserangnya penyakit kanker otak.
Kedua. Kanker payudara. Kanker payudara ini terjadi akibat seringnya manusia meletakkan ponsel pintarnya di saku baju, atau ada saja yang menggantung HP layaknya kalung di dada mereka. Namun, kebiasaan ini juga dapat memicu penyakit kanker payudara. Penyakit kanker payudara akibat radiasi elektromagnetik pernah dialami oleh gadis berasal California Selatan yang sangat gemar melakukan panggilan telepon melalui headset dan ia meletakkan ponsel pintarnya di area dada. Setelah kegiatan rersebut rutin dilakukan selama 6 tahun, maka muncullah tumor yang terletak dibagian dadanya.
Ketiga. Mengancam kesuburan. Bagi manusia yang terlalu sering meletakkan HP pada bagian saku celana atau daerah yang dekat dengan organ reproduksi maka berpotensi kemandulan atau keguguran pada wanita hamil.
            Itulah ke 3 macam penyakit berbahaya yang dapat merusak kesahatan manusia. Sesungguhnya tidak ada kesempurnaan yang ada pada dunia ini. Begitupun pada ponsel cerdas yang menjadi benda mungil ajaib saat ini. Di balik kecanggihannya, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dan direnungkan kembali oleh manusia.   *(NSR/berbagai sumber).

            Tips Mengurangi Efek Radiasi Elektromagnetik pada HP:
1.      Sebisa mungkin untuk tidak sesering mungkin meletakkan HP pada bagian saku celana, baju dan dekat area kepala atau di bawah bantal.
2.      Kurangi kebiasaan berinteraksi dengan teman atau saudara melalui HP dalam waktu yang relatif lama.
3.      Gunakan alat bantu seperti headset atau earphone saat berinteraksi melalui HP.
4.      Jika lupa membawa headset atau earphone, maka gunakanlah menu loudspeaker yang ada pada fitur HP. Hal ini dapat mengurangi paparan langsung radiasi HP pada tubuh, khususnya bagian kepala.
5.      Hindari pemakaian HP berlebihan pada area yang memiliki sinyal/jaringan lemah. Karena pada saat jaringan lemah, maka radiasi yang dikeluarkan akan semakin kuat. Seperti di dalam gedung.
6.      Hindari atau kurangi pemakaian ponsel pada anak.
7.      Kurangi penggunaan HP pada ibu hamil. Hal ini guna mengurangi efek pada kesehatan janin dan bayi.

            

0 Response to "AWAS! RADIASI HP PICU PENYAKIT BERBAHAYA"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel