follow us

Tips Gratis 7 langkah Menghafal Quran dengan Mudah


Dunia sudah berkembang, sudah tak jarang lagi orang yang mulai menghafal kitab suci Al Quran ini, bahkan sudah banyak kita dengar anak kecil pun sudah menjadi Al Hafidz Quran. Tak inginkah kita menjadi seperti itu? Tentu sangat ingin bukan?. Namun, sering kali seberapa pun kita berusaha untuk menghafal terkadang berhenti di tengah jalan, entah karena malas, atau merasa susah sekali untuk dihafal.

Di sini saya akan memberi tahu beberapa tips ampuh untuk cepat menghafal Al Quran, setidaknya untuk mendapat satu juz Quran.

1.      NIAT.
Niat, ini paling penting dalam keinginan menghafal Al Quran. Bila tidak ada niat yang kuat, banyak kemungkinan akan muda menyerah. Maka, yakinkan betul terlebih dahulu pada diri Anda bahwa ‘Saya ingin menghafal Quran, saya bisa menghafal Quran..’ dan tambahkan beberapa kata penyemangat untuk makin memantapkan niat menghafal Quran itu, tak usah malu walau baru ingin menghafal Quran di usia yang sudah ‘tidak muda lagi’. Yang penting ada niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2.      NO BAD MOOD!!
No Bad Mood. Ini juga penting loh, kalau lagi bad mood, jangan dipaksa dulu deh untuk menghafal Al Quran. Karena apa? Karena pasti sia-sia, sudah menghafal namun nantinya akan lupa karena bad mood yang menguasai separuh diri. Jadi, pastikan selalu merasa enjoy agar mudah juga untuk menghafal Quran tersebut.

3.      FOKUSSS!
Nah, ini nih, yang biasa mempengaruhi hafalan Quran kita, terutama pada remaja. Fokus, pikiran hanya tertuju pada satu hal, Menghafal Quran. Biasanya pada saat menghafal, kita sering kali langsung membuka handphone ketika ada notif masuk, apalagi kalau notifnya dari dia, dan itulah yang membuat kita tidak fokus menghafal, hingga hasil hafalannya kurang maksimal. Jadi, ketika ingin menghafal Al Quran, jauh-jauh lah dari handphone Anda, atau sesuatu yang membuat Anda tidak fokus.

4.      BAGI WAKTU.
Tentunya Anda punya kepentingan lain untuk dikerjakan, misalnya sekolah, ataupun kerja, dan hal itu pun tidak bisa begitu juga Anda tinggalkan bukan?. Jadi, kapan waktu yang tepat untuk mulai menghafal Quran?. Bagi Waktu, Anda bisa menghafal beberapa ayat Quran disela waktu kosong, misalnya di jam istirahat, bila Anda mempunyai niat yang kuat, pasti Anda akan rela mengorbankan waktu istirahat Anda untuk menghafal beberapa ayat, atau bisa juga sepulang sekolah ataupun kerja bila sudah tak ada lagi tugas yang harus dikerjakan, daripada terbuang untuk menonton tayangan TV yang tidak diperlukan akan jauh lebih baik menambah hafalan beberapa ayat Al Quran, namun itu kembali kepada Anda juga untuk pengaturan waktu.

5.      KONSISTEN.
Setelah mengatur waktu yang pas—jadwal menghafal Quran—jadikan itu sebagai habits, kebiasaan, Anda harus konsisten dengan jadwal yang Anda terapkan. Misal ingin menghafal di malam hari, walaupun Anda terkadang ingin langsung merebahkan diri ke kasur, tapi paksa! Paksa diri Anda untuk menghafal walau hanya satu ayat, dan Anda bisa memantapkan hafalan tersebut di pagi hari. Mungkin sedikit sulit menerapkan  kebiasaan itu, tapi yakin deh, lama kelamaan pasti sudah seperti rutinitas sehari-hari.

6.      ONE DAY ONE AYAT.
One Day One Ayat. Hal ini sudah sering dibicarakan oleh Ustaz Yusuf Mansyur. Apa artinya? Yaitu 1 Hari menghafal 1 Ayat Al Quran, menghafal dengan metode ini diperkirakan 10 tahun mendatang nanti sudah hafal 30 juz Quran, walaupun lama, hafalan tersebut pasti akan jauh lebih ‘lengket’ di otak. Namun, akan jauh lebih baik jika kita mau menaikkan level menghafalnya ke tingkat yang lebih tinggi, seperti Sehari menghafal Setengah Halaman, pasti jika sudah terbiasa, target menghafalnya akan terus bertambah. Aamiin.

7.      ENEMY ARE GO!!
Enemy yang artinya musuh, di dunia ini hanya ada satu musuh bagi semua manusia, yaitu ‘Iblis Terkutuk’. Berdasarkan pada kisah Nabi Adam A.S, iblis tak akan pernah berhenti untuk mengajak umat muslim bergabung dengan mereka, termasuk menggoda manusia untuk melakukan ibadah—salah satunya menghafal Al Quran, sebab itu tak jarang orang yang sedang menghafal Quran sering kali merasa kantuk, kesulitan, atau sebagainya. Jadi bagaimana cara kita melawan Iblis itu? Yaitu dengan wudu atau terus membaca Quran.
So...?  Masih ragu untuk mencoba menghapal Al-Qur’an? Ayo sama-sama kita menghapal ayat-ayat suci Al-Qur’an ini. kelak, huruf-huruf dari setiap ayat suci yang kiba baca dan hapal dapat menolong kita di akhirat nanti. Semoga dengan menghapal ayat suci Al-Quran ini meningkatkan kualitas iman kita dan menjadi sosok muslim yang bermanfaat untuk mulim lainnya. Aamin.
           
Arum Abrori 8B2.
SMPIP BAITULMAAL

Peserta ektrakurikuler menulis FLP Ciputat   

0 Response to "Tips Gratis 7 langkah Menghafal Quran dengan Mudah"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel