Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Kisah Aisyah Istri Rasulullah Saw: Perjodohan


Halo Sobat Blogger semua, bagaimana kabarnya semua? Semoga dalam keadaan sehat selalu ya. Doa untuk kita semua, semoga lekas hilang wabah virus yang sedang juga menimpa Indonesia ini. Aamin.

Beberapa waktu belakangan ini, sedang ramai cover-cover lagu mengenai Aisyah Istri Rasulullah Saw. Sepertinya banyak menyukai dengan lagu tersebut termasuk kisah keromantisan sosok Aisyah bersama Rasulullah Saw yang digambarkan dalam lirik lagu tersebut.

aisyah istri rasulullah


Saya pun tahu lau ini setelah tetangga kamar kos yang membawa temannya datang dan menyetel lagu tersebut. Nampak heboh sekali temannya ini menanggapi lagu tersebut. Baik membahas penyanyinya sampai membahas lirik lagunya. Baru, keesokan harinya. Saya baru sadar kalau lagu ini sedang trending di Youtube dna banyak dimuat videonya di Instagram.

Karena sedang ramai cover lagu tersebut, saya pun jadi berniat untuk membuat ulasannya nih soal Aisrah ra sebagai Istri Rasulullah Saw. Gak mau ikut-ikutan cover lagunya, maklum suaranya ancur parah. Haha Jadi, buat ulasan di blog aja ya.

Oh ya, btw... Sebelumnya saya juga pernah membuat ulasan Kisah Hidup Asmara Rasulullah Saw bersama Khadijah binti Khuwailid. Boleh banget loh dibaca juga ulasannya setelah membaca ini. Yuk, langsung aja sama-sama mengenal lebih dekat dengan Aisyah istri Rasulullah Saw.

Aisyah Istri Rasulullah Saw saat Masih Belia

Nama Aisyah sebagai istri Rasulullah Saw tentunya sudah sangat familiar bagi Sobat Blogger semua. Hal ini menjadi salah satu bukti betapa istimewanya beliau sebagai salah satu Istri Rasulullah Saw.

Kisah Aisyah Istri Rasulullah Saw ini akan saya mulai dari bagian awal kenapa Aisyah bisa terpilih, bagaiamana proses pelamaran sampai pernikahan Rasulullah Saw dengan Aisyah.

1. Aisyah Istri Rasulullah Saw pilihan Allah SWT

Meninggalnya Khadijdah binti Khuwailid rupanya membuat Rasulullah Saw teramat sedih. Melihat kondisi ini, Allah SWT pun mengutus Malaikat Jibril untuk bertemu Rasulullah Saw dan seraya memberikan kabar tentang Aisyah. Malaikat Jibril membawa Aisyah secara simbolik sembari mengatakan kalau gadis inilah yang akan menghapus sebagian dukanya yang juga mampu menggantikan Khadijah.

Setelah mendapatkan kabar ini, Rasulullah Saw pun jadi sering pulang-pergi ke rumah Abu Bakar dan berkata kepada ibunda Aisyah, Ummu Ruman. Rasulullah Saw menyampaikan untuk menjaga Aisyah untuknya. Dengan adanya sabda ini, Aisyah pun menjadi istimewa di mata keluarganya. Kisah ini telah diriwayatkan oleh Urwah yang menjadi keponakan Aisyah.

2. Sejak kecil, Rupanya Aisyah sudah dijodohkan

Hanya memberikan sabda kepada Ibunda Aisyah menitipkan untuk beliau. Rupanya tidaklah cukup membuat Ummu Ruman maupun Abu Bakar mengerti rencana Allah SWT untuk menjodohkan Aisyah kepada Rasulullah Saw.

Hal ini ditambah rupanya, sejak belia Abu Bakar telah membuat ikatan perjodohan putrinya kepada anak Muth’im ibn ‘Adi yang bernama Jubair ibn Muth’im. Perjodohan dan pernikahan sejak masih belia saat itu sudah menjadi tradisi. Hal ini juga diperkuat dengan alasan perlindungan serta adanya kerjasama bisnis.

Pada saat itu, kondisi Abu Bakar tengah mengalami masa sulit mendapatkan tekanan, kecaman dan ancaman dari kaum musyrik dan bahkan hampir terusir dari Habsyah.

Singkat cerita, ketika Sahabat Rasulullah Saw Khaulah melamar Aisyah untuknya. Abu Bakar tidak langsung menerimanya. Hal ini karena sudah adanya perjanjian perjodohan antara Abu Bakar dengan Muth’im ibn ‘Adi. Maka, Abu Bakar pun harus meminta melepaskan putrinya dengan membatalkan perjodohan Aisyah dan Jubair terlebih dahulu. Perlu diketahui bahwa pembatalan perjodohan ini tidaklah diminta oleh Khaulah. Melainkan, karena Abu Bakar juga yang menginginkan putrinya dijodohkan untuk Rasulullah Saw.

Dan setelah mendengar kabar ini, Muth’im pun melepas perjodohan ini. apalagi setelah tahu kalau yang akan dijodohkan dengan Aisyah adalah Rasulullah Saw.

3. Aisyah, Istri Rasulullah Saw yang dinikahi diusia belia

Pernikahan Rasulullah Saw dengan Aisyah pun berjalan lancar. Berdasarkan riwayat shahih disebutkan pada saat itu Aisyah masih berusia enam tahun. Pada saat itu, pernikahan yang dijalankan hanyalah sebatas akad saja dengan Abu Bakar.

Masih terlalu kecil untuk dibina menjadi seorang istri, maka Aisyah tidak langsung dibina berumah tangga bersama. Melainkan menunggu saat usia sembilan tahun atau sepuluh, setelah tiga tahun berlalu dan bertepatan terjadi peristiwa hijrah. Rasulullah Saw membina rumah tangga bersama Aisyah.

Jadi, itu dia awal mula kisah Aisyah Istri Rasulullah Saw. Semoga bisa menjadi bacaan yang bermanfaat dan ditunggu bagian selanjutnya. Terima kasih.

nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

14 komentar untuk "Kisah Aisyah Istri Rasulullah Saw: Perjodohan"

Nunik Utami 21 April 2020 pukul 19.46 Hapus Komentar
Aku pernah dong, nulis buku tentang akhlak perempuan, dikaitkan dengan Aisyah istri Rasulullah :D
irwin 21 April 2020 pukul 19.53 Hapus Komentar
Wah,, kemungkinan siti nurbaya terinspirasi dari Aisyah
Sam Leinad 24 April 2020 pukul 13.37 Hapus Komentar
Minggu2 lalu lagunya sempat trending sih. Bahkan banyak penyanyi dan netizen yg ikut mengcover lagu ini dan memublikasikan di medsosnya
idfipancani 26 April 2020 pukul 10.11 Hapus Komentar
wait .. bentar ... bentar ... aisyah waktu dinikahkan (secara akad) berusia 6 tahun, lalu dibina berumah tangga di usia 9/10 tahun? Apakah ini berarti di usia sebelia itu aisyah 'dicampur' rasullullah? apa nunggu beberapa taun kemudian? Maafkan nanya ini, saya tau Aisyah dinikahi Rasulullah di usia muda, tapi ga nyangka di usia sebelia itu .... masih kecil bangeeeet yaaaaaaa ...
Yayat 27 April 2020 pukul 11.57 Hapus Komentar
selalu takjub kalo membaca kisah Aisyah... sungguh wanita penyabar dan solehah.. trus pikirannya dewasa bisa mengikuti Nabi walau usianya masih muda
urmilamile 27 April 2020 pukul 11.59 Hapus Komentar
aku baca artikelnya sambil nyanyi lagu aisyah yang lagi kekinian. hihi
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 27 April 2020 pukul 15.54 Hapus Komentar
Aku dengerinnya versi Sabyan, mungkin karena lebih suka Sabyan entah kenapa yang lain gak demen.
Jalan-Jalan KeNai 27 April 2020 pukul 23.08 Hapus Komentar
Saya baru tau cerita yang tentang pejodohan itu :)
Atisatya Arifin 28 April 2020 pukul 04.56 Hapus Komentar
Aku malah belum pernah denger lagunya sama sekali lho kak. Hihihi. Aisyah memang salah satu istri Rasulullah yang jadi panutan kami para muslimah dalam banyak hal seperti rumah tangga islami.
Hida 28 April 2020 pukul 07.44 Hapus Komentar
Aku baru tau nih tentang lagu cover Aisyah yang ramai banget..
Bowo Susilo 28 April 2020 pukul 09.46 Hapus Komentar
Wah udah jadi tulisan aja, mantul hehe..
Aisyah memang sudah dipersiapkan allah untuk jadi Istri Rasulullah Saw saat Masih Belia ya. Masya Allah banget.. Sekarang lagunya lagi hits banget uy
Cerita Bang Doel 28 April 2020 pukul 10.04 Hapus Komentar
jadi pengen nyari aisyah deh .. sapakah aisyahnya aku???
Sapa Dunia 28 April 2020 pukul 10.37 Hapus Komentar
Lagunya sedang ngetren ini, snoga bisa menginspirasi uhkti untuk mencontoh akhlak putri Abu Bakar istri Rasulullah.
Nur Said Rahmatullah 1 Mei 2020 pukul 02.33 Hapus Komentar
wallahu alam kang yang ini. Saya tidak tahu kapan Rasulullah Saw menggauli Aisyah.