follow us

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata dan Mencegah Mata Minus


Halo Sobat Blogger...

Di blogpost ini saya cerita pengalaman mengenai kesehatan mata. Secara pribadi dengan kondisi mata minus, ini kurang mengenakan. Salah satu contoh aja kebergantungan terhadap kacamata.

kesehatan mata


Akibat mata minus, ada beberapa aktivitas menggangu saat dijalani. Misalnya, sulit mengenali wajah seseorang, kesulitas melihat gambar jelas pada layar handphone, jarak pandang yang terbatas, mata cepat lelah, dan banyak lagi.

Saya pribadi, mata minus udah dimulai sejak SMP. Tapi, waktu itu minusnya masih kecil banget, 0.5 aja. Cuma pada saat itu, udah ngerasain di bagian mata itu suka sakit, nyut-nyutan,  sampai sakit kepala. Sempat pada saat itu pake kacamata. Tapi akhirnya lepas, hanya bertahan beberapa minggu saja.

Sampe kuliah, minus terus bertambah seiiring aktivitas yang saya lakuin banyak dihadapkan dengan laptop. Sampe kuliah ini, saya masih belum pake kacamata, tapi penglihatan udah mulai buram dan sulit mengenali wajah orang dari jarak jauh. Bahkan, waktu suka main playstation via laptop bareng teman kampus. Saya kerap sekali me-pause permainan karena tiba-tiba saja mata kehilangan bola berada di mana. Hehe


Karena ini saya rasa sudah mulai mengganggu, diputuskanlah untuk melakukan pemeriksaan. Dan tara, ternyata mata minus saya udah naik drastis menjadi minus 2 di sebelah kanan. Beruntung mata sebelah kiri tidak naik siginifikan, hanya minus 1 saja. Akhirnya, diputuskanlah untuk menggunakan kacamata. Dan alhamdulillah, terbantu banget sampai sini.


Ya, penggunaan kacamata pada dasarnya hanya membantu memfokuskan penglihatan. Tapi begitu dilepas, penglihatan mata kembali tidak fokus. Lalu, adakah cara untuk mencegah mata sakit atau minus? Apakah ada cara mengurangi mata minus?

Kesehatan Mata, Mencegah Mata Minus

Sobat Blogger tau gak? Setiap hari Kamis, minggu kedua bulan Oktober ternyata diperingati hari penglihatan dunia. Pada tahun 2019 ini jatuh pada tanggal 10 Oktober. Memperingati hari Penglihatan Dunia, Kemenkes mengadakan acara talkshow yang berlokasi di Gedung Kementerian Kesehatan pada Selasa (8/10) 2019. Tahun 2019, Hari Penglihatan Dunia memiliki tema Mata Sehat SDM Unggul.

kesehatan mata


Tahu gak sih, ternyata lebih dari 1 miliar orang mengalami gangguan pengihatan atau tidak dapat melihat ddengan baik. hal ini disebabkan karena mereka tidak memiliki akses kacamata. Beruntung, hidup di ibu kota saya mudah mendapatkan akses kacamata. Sehingga, gangguan penglihatan ini tidak banyak menggangu produktivitas saya untuk terus berkarya.

Gangguan penglihatan ternyata dapat dihindari loh, 3 sampai 4 kasus ini masih bisa dihindari. Gangguan penglihatan seperti mata minus terjadi karena cahaya yang masuk ke mata tidak fokus di bagian retina karena kornea terlalu cembung.

Di Indonesia sendiri, ada sekitar 8 juta masyarakatnya yang mengalami gangguan penglihatan. Di dunia sendiri, ada sekitar 285 juta orang yang mengalami gangguan penglihatan. Gangguan pengihatan yang parah terjadi, 82%nya mengalami kebutaan saat menginjak usia 50 tahun lebih.

Tentu saja, mencegah agar tidak sampai mengalami kebutaan adalah hal yang diinginan dari menjaga kesehata mata. Lalu, bagaimana caranya?

Sekitar 80% gangguan penglihatan masih dapat ditangani. Sehingga, ada banyak cara untuk mencegah gangguan penglihatan.

Berikut 5 tips menjaga kesehatan mata:

1. Pencahayaan yang baik saat melakukan aktivitas khususnya membaca dan belajar perlu diperhatikan. Hal ini berlaku untuk anak-anak sampai dewasa.
2. Mengkonsumsi makanan sehat. Seperti wortel, kuning telor dan susu yang banyak mengandung vitamin A. Serta ikan yang kaya akan omega 3.
3. Hindari paparan sinar UV-B. Terkena sinar matahari rupanya dapat menggangu penglihatan mata. Oleh sebab, menggunakan kacamata hitam dan memiliki perlindungan dari sinar UV sangat dianjurkan.
4. Menghindari paparan asap rokok. Iya, asap rokok rupanya dapat membahayakan kesehatan mata. Suka begadang sambil ngerokok sampai mata merah? Hati-hati mata mengalami gangguan penglihatan.
5. Jangan berlebihan saat bekerja di depan komputer, saat membaca, atau bermain handphone. Apabila mata sudah merasakan lelah, istirahatkan saja. Jangan dipaksakan. Usahakan lakukan istirahat berkala saat berada di depan layar.


kesehatan mata


Ngomongin soal aktivitas di depan layar baik handphone maupun komputer. Ternyata ada bahaya dari akibat sinar paparan terhadap mata.

Bahaya akibat paparan layar terhadap kesehatan mata:

1. pada anak-anak dapat merangsang terjadinya rabun jauh atau miopia.
2. Pada semua usia, kelelahan pada mata akan terjadi dengan gejala; mata lelah, penglihatan buram, penglihatan ganda, sakit kepala, mata berair, silau sampai pegal sekitar alis, pelipis, dahi atau leher.

kesehatan mata


Wah, setelah dapet semua paparan materi yang disampaikan. Saya jadi kembali flashback kalau semua gejala itu udah pernah saya rasakan. Khsusnya pegal sekitar alis, sakit kepala, mata berair, penglihatan buram.

Jadi, itu dia tips menjaga kesehatan mata. Yuk segera lakukan pemeriksaan mata apabila sudah merasakan gejala-gejala yang saya sebutkan. Hal ini agar tidak mengakibatkan keparahan pada gangguan mata. 

Selamat Hari Penglihatan Dunia. Salam sehat untuk kita semua.

0 Response to "5 Tips Menjaga Kesehatan Mata dan Mencegah Mata Minus"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel