follow us

Bocah Ajaib; Akrit Jaswal


EDISI: AKRIT JASWAL


            Siapa sangka, bocah 7 tahun ini mampu melakukan pembedahan operasi tersendiri kepada seorang gadis yang berusia 9 tahun. Bernama Akrit Jaswal, lahir di India, pada 23 April 1993. Secara tiba-tiba, India mendapatkan berita yang sangat menghebohkan, bagaimana tidak? Seorang bocah Akrit yang baru menginjak usia 7 tahun mampu melakukan pembedahan operasi pada seorang gadis yang berusia 9 tahun. Tanpa merasakan bangku SMP, SMA, Universitas, apa lagi gelar doktor, ia sudah bisa melakukan operasi tersebut.
            Operasi tersebut dapat dilakukan berawal dari keluarga miskin yang mendengar bahwa ada seorang anak yang mempunyai kemampuan luar biasa memiliki IQ 146. Kemudia dari sanalah mereka bertanya, “Apakah bisa melakukan operasi secara gratis?” dan di lain sisi mereka merupakan keluarga miskin yang tidak dapat melakuakn operasi di rumah sakit. Dan akhirnya Akrit pun menyanggupi untuk melakukan sebuah operasi pembedahan untuk memisahkan jari-jari yang terbakar dan menyatu pada seorang anak berusia 9 tahun itu. Walau operasi itu berjalan cukup lama, namun pada akhirnya operasi tersebut sukses dan lancar pada pemisahan jari-jari yang menempel tadi.
            Menurut ibunya Raksha Kumari Jaswal, kejeniusan Akrit sudah terlihat sejak ia masih balita. Saat masih bayi, Akrit sudah mampu berjalan, tanpa bersusah payah jatuh bangun. Pada usia 10 bulan, Akrit sudah bisa berbicara, dan yang menghebohkan keluarga ini adalah, pada usia 5 tahun, Akrit sudah bisa membaca buku karangan William Shakespeare. Waw, bayangkan saja, sejak 5 tahun mampu membaca buku tersebut, layaknya anak-anak biasa lainnya, saat beranjak usia 5 tahun, seorang anak biasanya akan tertarik membaca buku yang lebih banyak gambarnya dibandingkan dengan  tulisan, hal ini dikarenakan belum bisanya membaca. Namunn berbeda dengan Akrit, di usianya yang 5 tahun, ia sudah bisa membaca buku-buku orang dewasa. Dan sejak berusia 6 tahun pun, Akrit sudah belajar dari para dokter dengan melihat proses operasi di rumah sakit, dan para dokter pun membiarkan Akrit melihatnya.
            Pada usia 12 tahun, Akrit diterima di Universitas Punjab, dan dia dikenal sebagai mahasiswa termuda sepanjang sejarah India. Saat itu, dia sudah memiliki banyak koleksi buku, seperti Gray’s Anatomy, buku pembelajaran bedah, anestesi, anatomi, fisiologi, kanker, dan lain-lain. Akrit mengaku mampu menguasai buku-buku tersebut dengan belajar setiap satu jam, dan hal itupun sudah menjadi kebiasaan rutin Akrit.
            Di tahun yang sama, Akrit diundang ke London tepatnya ke Imperial College untuk bertukar pkiran dengan para ilmuan. Di sana ia akan diuji dan berbicara super mekanisme, gen, dan terapi dengan para ilmuan peneliti kanker.
            Akrit mengatakan, ia memiliki jutaan ide medis, tetapi saat ini ia memfokuskan pada pengembangan obat kanker.  “Aku telah mengembangkan konsep yang disebut terapi gen lisan berdasarkan penelitian dan teori-teori saya, dan aku cukup berdedikasi terhadap pekerjaan pada mekanisme ini.”
            “Aku sudah  pergi ke rumah sakit sejak 6 tahun, jadi aku telah melihat langsung orang yang menderita sakit,” katanya.
            “Saya menjadi sangat sedih, dan menjadikan itu motif utama saya menyukai tentang obat-obatan, terutama gairah saya tentang kanker.”
            Saat ini, Akrit berkaja menuju gelar sarjana di bidang zoologi, botani, dan kimia. Suatu hari nanti, ia berharap untuk melanjutkan studinya di Universitas Harvard. Amin.

Referensi:
Dedi. 2012. 5 Bocah Ajaib menggemparkan Dunia. Titik Media.

Dikarenakan  tempat penerbit tidak ada di daftar buku tersebut, jadi, untuk tempat penerbit tidak gue tulis. terlihat aneh memang ya.. hihihi

0 Response to "Bocah Ajaib; Akrit Jaswal"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel