follow us

Benarkah Mandi Malam Memberikan Dampak Negatif?




                Rematik dan asam urat, begitulah yang sering kita dengar dari efek negatif mandi malam. Hal tersebut sampai saat ini masih saja menjadi pertanyaan kita benar atau tidaknya. Pada umumnya, mandi dilakukan dua kali sehari pagi dan sore. Biasanya, bagi mereka yang lebih sering melakukan mandi malam hari dikarenakan kesibukan mereka kerja yang mengharuskan pulang malam.  Lantas, bagaimana dengan kita yang mengahruskaan mandi malam?  Benarkah mandi malam lebih banyak membawa dampak negatifnya?

Mandi Malam Memberikan Dampak Negatif
                Ada banyak hal yang sering kita lakukan kemudian berubah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan. Salah satunya adalah mandi malam. Mandi malam memang memberikan kesegaran. Bagaimana tidak? Setelah pulang kerja, badan lengket, berkeringkat, penuh dengan debu hilang dengan kita mandi malam. Ditambah siraman air yang akan menyegarkan tubuh dan pikiran. Namun siapa sangka, mandi malam menggunakan air biasa memberikan dampak negatif bagi tubuh.
                Pada dasarnya, mandi malam memberikan dampak negatif dikarenakan suhu yang sudah terlalu rendah/dingin. Sehingga, ada saja daya tahan tubuh manusia yang tidak kuat menahan suhu dingin tersebut. Suhu dingin tersebut jika tambah dengan mandi menggunakan air biasa maka akan memberikan pengaruh pada tulang dan sendi. Hal tersebut yang menyebabkan para orangtua sering mengatakan mandi malam dapat menyebabkan rematik.
                “Iya, mandi malam memberikan dampak negatif bagi tubuh. Hal tersebut dikarenakan adanya perubahan suhu malam di Indonesia yang memiliki tingkat kelembapan lebih tinggi. Sehinggi, perubahan suhu yang lebih dingin dan badan manusia yang tidak kuat menerima udara plus air yang dingin tersebut akan memberikan dampak pada tulang-tulang dan persendian.” Ujar Tiara mahasiswi Fakultas  Kedokteran UIN Syaarif Hidayatullah Jakarta.
                Mandi malam memberikan efek pada nyeri sendi jika kita sudah mengidap rematik. Gejala nyeri tersebut disebabkan menyempitnya pembuluh darah karena suhu dingin yang memberikan pengaruh pada kurangnya suplai oksigen ke sendi-sendi sehingga timbulnya nyeri. Oleh karena itu mandi malam sangat tidak dianjurkan bagi kita yang sudah mengidap penyakit rematik. Jika seseorang yang telah megidap penyakit rematik namun tetap memaksakan diri untuk terus mandi pada malam hari kemungkinan besar rematik tersebut akan datang dan menjadi semakin parah.
                “Hubungan mandi dengan gejala kesehatan seperti radang sendi hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan. Namun, suhu rendah dapat memberi respon berbeda pada tiap individu. Pada individu yang memiliki penyakit radang sendi, kondisi ini seringkali memperburuk gejala. Tidak hanya pada pasien gejala radang sendi, pada individu sehat yang sensitif terhadap suhu rendah, kondisi ini pun bisa menimbulkan rasa nyeri. Hal ini kemungkinan disebabkan suhu rendah menyebabkan adanya perubahan tekanan dalam tubuh yang mempengaruhi saraf terutama saraf nyeri sehingga timbul respon nyeri tersebut.” Lanjut Tiara.
Perlu diperhatikan bagi kita yang sering mandi malam bahwasannya hal tersebut memberikan efek yang tidak terlalu bagus. Dampak negatif tersebut adalah paru-paru basah (Bronkhitis), asam urat, dan rematik
                Jadi, bagi kita yang memiliki daya tahan tubuh lemah menerima sesuatu yang dingin sebaiknya dikurangi kebiasaan mandi malam menggunakan air biasa. Begitupun bagi pengidap penyakit rematik. Hal ini guna menghindari dampak-dampak negatif yang tidak diinginkan.

Cara Benar, Memberikan Manfaat
                Berdasarkan pembahasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa mandi malam dengan menggunakan air biasa dapat memberikan dampak pada tulang dan sendi. Hal tersebut dikarenakan suhu dingin serta air biasa di malam hari.
                Lantas, bagaimana jika kita pulang kerja badan lengket, penuh debu dan berkeringat? Tidakkah itu mengharuskan kita mandi? Ya, ada cara benar untuk kita mandi malam. Menggunakan air hangat adalah cara benar mengatasi efek negatif mandi malam. Jika kita mandi malam hari menggunakan air hangat, maka kita pun bisa mendapatkan dampak postif dari mandi malam. Bukan lagi dampak negatif yang kita dapat.
                Manfaat mandi malam dengan air hangat pastinya memberikan kesegaran pada tubuh setelah kita lelah seharian bekerja. Dengan mandi malam menggunakan air hangat ini menjadikan otot-otot yang tegang dan kaku menjadi rileks. Air hangat  memang menjadi senjata ampuh dalam melakukan rileksasi tubuh. Tak ayal, berendam di pemandian air hangat menjadi pilihan utama untuk melakukan merenggangkan otot-otot tubuh yang kaku
                Selanjutnya dari mandi air hangat di malam hari adalah menghangatkan tubuh. Tidak bisa dipungkiri, angin malam merupakan musuh bagi kesehatan pengendara motor. Bagi kita pengendara sepeda motor, lama perjalanan di jalan menjadikan angin malam menyerang tubuh kita. Ditambah lagi dengan kondisi tubuh yang sudah lelah. Jelas, hal ini akan mempermudah tubuh kita terserang penyakit. Seperti masuk angin. Dengan mandi malam menggunakan air hangat, hal tersebut menjadi senjata ampuh dalam menghangatkan tubuh kita.
                Selain itu, mandi malam menggunakan air hangat adalah menlancarkan peredaran darah. Mandi menggunakan air hangat tidak sama dengan air dingin atau biasa. Jika menggunakan air biasa bisa membuat tubuh kita menjadi kaku akibat suhu dingin dan air yang dingin, maka, dengan air hangat dapat membuat tubuh menjadi rilek serta melancarkan peredaran darah. Melancarkan peredaran darah ini bisa kita dapat dengan berendam di bak besar menggunakan air hangat.
Tak hanya itu, selanjutnya pastinya terhindar dari penyakit kulit. Seperti gatal-gatal yang disebabkan oleh jamur dna kuman. Aktivitas dari pagi, siang hingga malam ini pastilah menjadikan tubuh kita sarang dari debu-debu yang berterbangan. Dengan mandi malam menggunakan air hangat ini akan menghindari tumpukan-tumpakan debu yang melekat pada tubuh kita. sehingga, tubuh kita menjadi bersih dna kita pun bisa tidur dengan nyenyak.

                Jadi, mandi malam memang memberikan dampak negatif. Namun hal tersebut ditinjau kembali dari penggunaan airnya serta daya tahan tubuh manusia itu sendiri. Jika kita memiliki daya tahan tubuh yang lemah dna memiliki riwayat penyakit yang tidak membolehkan mandi malam. Sebaiknya hindari mandi malam dengan menggunakan air biasa atau dingin. Maka, gunakanlah air hangat saat mandi malam. Dengan mandi malam menggunakan air hangat tersebutlah kita bisa menyegarka tubuh tanpa harus merasa takut akan dampak negatif yang ditimbulkan.   

0 Response to "Benarkah Mandi Malam Memberikan Dampak Negatif?"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel