Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selamat Membaca

Mengenal Istri Rasulullah Saw- Hafsah

Mengenal Sosok Hafsah
                Riwayat hidup, status dan usia
            Nama langkap Hafsah binti ‘Umar Ibn Al-Khaththab Ibn Nufail Ibn ‘Abdul ‘Uzza’ Ibn Riyah Ibn ‘Adi Ibn Ka’ab Ibn Lu’ay.
            Ayahnya bernama ‘Umar Ibn Al-Khaththab.
            Ibunya bernama Zainab binti Mazh’un Ibn Habib Ibn Wahab Ibn Hudzafah Ibn Jamh, kakak beradik dengan ‘Utsman Ibn Mazh’un.
            Hafsah adalah seorang janda quraish dari Khuanais Ibn Hudzafah. Tak lama setelah mereka hijrah ke Madinah, suaminya meninggal dunia setelah pulang dari perang Badar pada tahun 2 H. Yakni 25 tahun setelah kedatangan Rasulullah Saw. di Madinah. Lalu Rasulullah Saw. menikahi Hafsah[1] pada bulan sya’ban, sekitar tiga puluh bulan sebelum Perang ‘Uhud,[2][3] yaitu tidak lama setelah masa iddahnya dari Khunais berakhir.
            Untuk mengetahui usia Hafsah saat dinikahi oleh Rasulullah Saw., maka tahun kelahiran Hafsah, yakni 18 sebelum hijrah ditambah tiga tahun sesudahnya, yaitu 21 tahun, atau jumlah usia Hafsah saat wafat dikurangi tahun wafat lalu ditambah tiga tahun. ia meninggal dunia pada tahun 41 H.[4] Dalam usia 59 tahun. dengan demikian, 59 dikurangi 41 ditambah 3 sama dengan 21.




[1] Ibn Sa’ad, Al-Thabaqat, Bairut: Dar Shadir, jld. 8, h. 81.
[2] Ibid., jld. 8, h. 83.
[3] Al-Baihaqi, Al-Sunan Al-Kubra, Tahqiq: Muhammad Abdul Qadir ‘Atha, Makkah Al-Mukarramah: Maktabah Dar Al-Baz, 1994 M., jld. 6, h. 56.
[4] Ibn ‘Abdil Barr, Al’Isti’ab Fi Ma’rifah Al-‘Ashhab, Al-Maktabah Al-Syamilah, jld. 1, h. 584.
nursaidr
nursaidr Saya biasa dipanggil Said. Aktivitas sekaligus pekerjaan saya saat ini sebagai fulltime bloger. Biasa menulis tentang apa? Apa saja, selama tulisan itu mengandung nilai informasi yang bermanfaat untuk pembaca.

Posting Komentar untuk "Mengenal Istri Rasulullah Saw- Hafsah"