follow us

Haram bagi Wanita Memakai Wangi-wangian


Wanita yang Memaakai Wangi-wangian di Luar Rumah
Abu Musa Al-Asy’ari ia berkata, bahwasannya Rasulullah Saw. bersabda:
            “Seorang perempuan yang mengenakan wewangian lalu melalui sekumpulan laki-laki agar mereka mencium bau harum yang dia pakai maka perempuan tersebut adalah seorang pelacur.”
(HR. An-Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad).

            Pernahkah kita mencium wangi-wangian yang sangat menyengat di jalan namun tidak ada orang? Ini bukan wangi kembang melati ya. Atau kita punya teman wanita yang sering menggunakan wangi-wangian yang sangat menyengat. Atau, kita sedang berkendara motor dan mencium wangi-wangian dari seorang wanita yang sedang berkedara di depan kita. Atau, saat kita berada di masjid dan kita mencium wangi-wangian dari barisan perempuan. Saya yakin pasti kita pernah mengalami kejadian di atas.
            Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak sekali wanita-wanita yang gemar sekali memakai parfum. Entah itu di ruang kelas, mall, masjid, pasar, tempat wisata, dan setiap aktivitas  yang mereka kerjakan selalu menggunakan wangi-wangian. Tidakkah mereka sadar, bahwa Islam melarang keras seorang wanita yang menggunakan wangi-wangian di luar rumah. Bahkan saat hendak pergi ke masjid.
            Rasulullah Saw. bersabda:
            “Seorang wanita yang hendak pergi ke masjid tidak boleh memakai wangi-wangian.” (HR. Muslim dan Ibnu Khuzaimah).
            Sebagaimana Ibnu Daqiqil ‘Aid mengatakan yang dinukil oleh Iman Nawawi dalam Faidhul Qadir, “Wanita yang hendak pergi ke masjid diharamkan memakai harum-haruman, karena harum-haruman dapat merangsang nafsu syahwat.”[1]

#JSKD




[1] Imam turmudzi, Dialog Wanita dan Islam, (Surabaya: PT Cipta Media), hal. 45-46.

0 Response to "Haram bagi Wanita Memakai Wangi-wangian"

Diberdayakan oleh Blogger.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel